10 Jenis Soto Paling Terkenal di Indonesia

10 jenis soto paling enak
0 Komentar

Indonesia memiliki berbagai macam jenis kuliner dengan rasa yang enak, salah satu kuliner yang paling terkenal adalah Soto. Jenis Soto pun beragam, mulai dari yang paling terkenal seperti Soto Madura, Soto Lamongan, Soto Betawi dan yang lainnya.

Soto adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang bahan dasarnya berupa air kaldu, daging dan sayuran. Biasanya soto disajikan bersama nasi, bubur ataupun lontong.

Untuk mengenal lebih jauh ragam soto yang ada di Indonesia, berikut radarcirebon.tv berikan infonya, selamat membaca,

Baca Juga:10 Keju Termahal Di Dunia10 Buah Asli Indonesia Yang Dianggap Paling Eksotis Di Dunia

Jenis Soto Paling Terkenal di Indonesia :

Soto Madura

Soto Madura adalah salah satu jenis soto paling terkenal yang berasal dari daerah Madura. Soto madura ini terbuat dari beberapa bahan utama seperti daging sapi, telur rebus dan kuah kaldu.

Ciri khas yang dimiliki oleh soto Madura adalah kuahnya yang tidak menggunakan santan serta daging sapi yang digunakan berasal dari bagian sandung lamur.

Selain itu juga beberapa hal yang membedakan soto Madura dengan soto yang lainnya adalah kuahnya yang menggunakan berbagai macam rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe dan serai.

Agar lebih terasa nikmat, sebaiknya soto Madura dimakan bersamaan dengan nasi, dan untuk menambah kelezatan rasanya jangan lupa untuk menambahkan sambal dan juga perasan jeruk nipis diatas kuahnya.

Soto Betawi

Jika kamu berwisata ke wilayah Jakarta jangan lupa untuk mencicipi salah satu kuliner paling populernya, yaitu soto Betawi.

Kuliner khas ibukota ini menggunakan daging ataupun jeroan sebagai bahan utamanya serta sayuran seperti tomat, jeruk nipis, daun bawang dan juga emping sebagai bahan pelengkapnya.

Ciri khas yang dimiliki oleh soto Betawi yang membuatnya beda dari jenis soto yang lainnya adalah kuahnya yang menggunakan campuran santan dan susu.

Baca Juga:5 Kereta Api Tercepat Di Dunia, Salah Satunya ada di Indonesia5 Kafe Tertua Di Dunia, Ada Yang Sudah Berdiri Sejak Tahun 1686

Selain menggunakan susu, soto Betawi juga menggunakan minyak samin untuk menambah cita rasa serta memperkuat aroma dari kuah sotonya.

Soto Bandung

Selain terkenal dengan wisatanya, bandung juga terkenal dengan kulinernya. Salah satu jenis kuliner paling terkenal di bandung adalah soto Bandung.

Sama seperti soto yang lainnya, soto Bandung juga menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya.

Yang membedakan antara soto Bandung dengan soto yang lainnya adalah adanya tambahan lobak dan juga kacang kedelai goreng pada kuahnya.

Soto Lamongan

Soto Lamongan adalah salah satu kuliner khas wilayah Lamongan, Jawa Timur. Berbeda dari 3 jenis soto diatas, soto Lamongan ini menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya.

Soto lamongan juga dikenal sebagai soto paling gurih karena menggunakan koya udang sebagai salah satu bumbunya. Ciri khas inilah yang membedakan soto Lamongan dengan soto dari daerah lainnya.

Soto Kudus

Soto Kudus adalah salah satu soto ayam paling terkenal dari Jawa tengah. Soto khas kota kretek ini biasanya dihidangkan dalam mangkuk porselen berukuran kecil untuk satu porsinya.

Sama seperti soto Lamongan, soto Kudus juga menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya, ditambah dengan toge dan telur sebagai pelengkap.

Agar terasa lebih nikmat sebaiknya soto Lamongan disajikan dalam keadaan hangat dan jangan lupa untuk menambahkan nasi agar terasa lebih mengenyangkan.

Soto Medan

Medan terkenal sebagai surganya kuliner di Indonesia. Di kota ini terdapat berbagai macam kuliner dengan rasa yang lezat, salah satunya adalah soto Medan.

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh soto Medan adalah adanya perkedel serta kuah santannya yang kental dan berwarna kuning.

Dalam satu porsi soto Medan biasanya terdapat suwiran ayam, potongan daging sapi, telur rebus, perkedel, bihun, tauge, tomat dan juga bawang goreng.

Kurang lengkap rasanya jika kamu berwisata ke Medan tanpa menikmati kelezatan soto paling terkenal ini.

Soto Tasikmalaya

Soto Tasikmalaya adalah salah satu kuliner berbahan utama suwiran ayam dan kuah bersantan yang berasal dari wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sebagai bahan pelengkap soto Tasikmalaya, kamu dapat menambahkan potongan telur rebus, taburan bawang goreng, irisan daun bawang, kerupuk, dan juga potongan telur rebus.

Untuk kamu yang suka dengan rasa pedas bisa menambahkan sambal pada bagian atas sotonya.

Soto Padang

Selain Rendang, Padang juga memiliki satu jenis kuliner lainnya yang tak kalah enak dan terkenal yaitu soto Padang.

Soto padang adalah sebuah hidangan berkuah kaldu sapi yang dilengkapi dengan irisan daging sapi yang telah digoreng kering, bihun, kerupuk sagu, perkedel tomat, jeruk nipis dan taburan bawang goreng.

Ciri khas dari soto Padang yang tidak dimiliki soto lainnya adalah daging sapinya yang digoreng kering terlebih dahulu.

Dalam proses pembuatannya, potongan daging sapinya direbus terlebih dahulu hingga terasa empuk, kemudian digoreng hingga renyah, sedangkan Air rebusan dagingnya digunakan untuk kuah kaldu.

Soto Banjar

Soto Banjar adalah salah satu jenis soto paling terkenal di wilayah Kalimantan Selatan yang berasal dari daerah Banjar. Soto ini terkenal karena aroma harum yang khas pada kuahnya yang berasal dari rempah rempah seperti kayu manis, pala dan cengkeh.

Selain itu juga ciri khas yang ada pada soto Banjar adalah kuahnya yang lebih pekat karena dicampur dengan susu kental manis ataupun telur.

Untuk dagingnya sendiri, soto Banjar menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya dilengkapi dengan perkedel, irisan telur, wortel serta kentang rebus.

Coto Makassar

Yang terakhir ada coto Makassar atau dikenal juga sebagai coto Mangkasara. Soto yang satu ini menggunakan daging jeroan sapi yang direbus lama sebagai bahan utamanya dan daun bawang serta bawang goreng sebagai pelengkapnya.

Yang unik dari coto Makassar adalah menggunakan 40 jenis bumbu selama proses memasaknya. Bumbu pembuat coto Makassar ini disebut sebagai ampah patang pulo. Biasanya coto Makassar ini dihidangkan bersama dengan ketupat.

0 Komentar