Mengenal 2 Benteng yang Jadi Tempat Wisata Cilacap

benteng pendem
benteng pendem salah satu tempat wisata cilacap
0 Komentar

benteng pendem salah satu tempat wisata cilacap
Mengenal 2 Benteng yang Jadi Tempat Wisata Cilacap

Mengenal 2 Benteng yang Jadi Tempat Wisata Cilacap

RADARCIREBON.TV – Bagi kalian yang suka traveling, tak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Kabupaten ini banyak memiliki tempat wisata yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan.

Dari sejumlah lokasi wisata cilacap, ada dua benteng yang bisa kalian kunjungi. Yakni benteng pendem dan benteng karang bolong. Artikel ini akan memuat informasi tentang kedua benteng tersebut.

Baca Juga:Wisata Kuliner Pekalongan yang Wajib Kalian Datangi, Ini 7 RekomendasinyaBerkunjung ke Daerah Sunda? 8 Rekomendasi Makanan Khas Sunda yang Wajib Kamu Coba!

  1. Benteng Pendem

Benteng pendem merupakan sebuah benteng peninggalan jaman belanda yang berlokasi di Sentolokawat, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Benteng ini di bangun pada tahun 1861 – 1979.

Untuk luas wilayah benteng ini mencapai secara keseluruhan luas area Benteng Pendem kurak lebih 10,5 hektar.  Untuk pembangunan tangki Pertamina seluas 4 hektar. Saat ini kawasan Benteng Pendem tinggal 6,5 hektar.

Meski bentuknya sebuah benteng, tapi lokasi ini menjadi salah satu tempat wisata cilacap yang popular. Sebab, lokasi ini, menyuguhkan pesona keindahan dengan spot sejarahnya, sehingga  cocok untuk berwisata bersama keluarga tercinta.

Waktu yang tepat untuk berlibur dan mengeksplor ke Benteng pendem, pada saat hari libur. Tempat liburan yang satu ini rekomended untuk belajar, sehingga dijadikan cagar budaya dan pusat edukasi sejarah.

Lokasi benteng pendem cukup banyak wisatan yang berkunjung karena lokasinya berada tidak jauh dari pusat kota, sehingga kalian bisa mengunjunginya dengan mudah. Baik menggunakan kendaraan pribadi baik motor, mobil maupun bus pariwisata, karena akses jalan yang baik menuju Benteng Pendem.

Kalian bisa mengunjungi tempat wisata cilacap Benteng Pendem setiap hari, untuk operasional wisatanya sendiri buka dari jam 08.00 – 18.00 WIB.

Fasilitas yang ada di Benteng Pendem :

  • Tempat parkir kendaraan yang luas dan aman
  • Warung makan
  • Pusat oleh-oleh dan souvenir
  • Pusat informasi
  • Taman
  • Toilet umum
  • Tempat ibadah
  • Wahana permainan menarik
  • Gazebo dan tempat duduk
  • Spot foto instagenic
  • Koleksi sejarah
  1. Benteng Karang Bolong

Lokasi tempat wisata cilacap berikutnya yang bisa kalian kunjungi yakni Benteng Karang Bolong. Lokasi benteng ini  berada di ujung timur pulau Nusakambangan.

Baca Juga:Serupa Tapi Tak Sama, Inidia Perbedaan Lotek dan Karedok Makanan Khas Sunda!Resep Nasi Timbel Makanan Khas Sunda, Pasti Bikin Ketagihan

Benteng ini dilengkapi dengan Napoleon Tower ini merupakan benteng pertahanan yang terkuat untuk wilayah Hindia belanda, yang luasnya mencapai sekitar 12 hektar luasnya, dan masih ada beberapa bagian yang belum dieksplorasi.

Benteng Karang Bolong memiliki nama lain Karang Bolong Fort. Untuk mmencapai lokasi tersebut, kalian bisa menyeberang dari Teluk Penyu Cilacap ke Pulau Nusakambangan Timur.

Penyeberangan menggunakan kapal feri ini membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit perjalanan.

Selanjutnya, kalian  bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama 15 menit agar bisa sampai ke Benteng Karang Bolong. Sambil berjalan ke destinasi tersebut, kalian juga dapat menikmati keindahan alam yang ada di sekitar perjalanannya.

Berdasarkan informasi dari warga setempat, pemberian nama tersebut berdasarkan lokasi sebuah karang besar di sudut Pantai Pasir Putih. Karang yang ada di Pasir Putih itu mempunyai lubang pada bagian tengahnya, sehingga masyarakat memberikannya istilah bolong.

Bagia kalian yang berminat datang ke sini maka tak perlu khawatir lantaran sudah tersedia banyak tempat wisata. Bahkan fasilitas berupa musala dan toilet juga tersedia di sekitar destinasi wisatanya.

Tidak hanya itu saja, para pengunjung juga dapat mencicipi kuliner khas yang berasal dari Nusakambangan. Bagi kalian yang mempunyai hobi fotografi bisa datang ke sini dan mengabadikan lokasi Benteng. (*****)

 

0 Komentar