10 Jenis Pasta Paling Terkenal Di Dunia Berdasarkan Bentuknya

pasta
0 Komentar

Pasta adalah salah satu makanan khas Italia paling terkenal di dunia yang terbuat dari campuran tepung terigu, air, garam, minyak dan telur yang kemudian dibentuk dengan bentuk tertentu sesuai dengan jenisnya.

Umumnya pasta diolah dengan cara direbus kemudian disajikan dengan beberapa jenis saus dan isian sesuai dengan resepnya masing masing.

Beberapa resep pasta yang paling terkenal diantaranya :

  • Spaghetti Bolognese Sauce
  • Mac and Cheese
  • Lasagna
  • Penne all’Arrabbiata
  • Spaghetti alla Carbonara
freepik.com
10 Jenis Pasta Paling Terkenal Di Dunia Berdasarkan Bentuknya

Jenis Pasta Berdasarkan Kategorinya

Berdasarkan kategorinya, pasta dibagi menjadi 2 yaitu pasta kering dan pasta basah. Pasta kering adalah pasta dengan kandungan air sedikit yang diproduksi menggunakan mesin pabrik, sedangkan pasta basah atau segar adalah pasta dengan kandungan air banyak hasil olahan tangan secara tradisional.

Baca Juga:10 Museum Dengan Jumlah Pengunjung Terbanyak Di Dunia5 Masjid Terbesar Dari Berbagai Negara di Dunia

Jenis Pasta Berdasarkan Bentuknya

Meskipun berbahan dasar sama, tetapi pasta memiliki bentuk yang berbeda beda. Di negara asalnya sendiri terdapat lebih dari 650 jenis pasta dengan bentuk yang beraneka ragam, seperti farfalle yang berbentuk kupu kupu dan fusilli yang memiliki bentuk spiral.

Di Indonesia sendiri terdapat 3 jenis pasta yang umum dan sering dijumpai yaitu Spaghetti, Maccaroni dan lasagne.

Spaghetti

Spaghetti adalah salah satu jenis pasta paling terkenal di dunia yang terbuat dari gandum Durum Semolina. Spaghetti memiliki bentuk seperti lidi dengan panjang antara 25 hingga 30 cm.

Penne

Penne adalah jenis pasta berbentuk tabung berukuran panjang 3 hingga 5 cm yang dipotong miring pada bagian ujungnya.

Lasagne

Lasagne memiliki bentuk yang berbeda dari pasta yang lainnya, yaitu berbentuk lembaran tipis dengan ukuran panjang dan lebar yang beragam.

Ravioli

Ravioli adalah jenis pasta yang terdiri dari 2 lembar pasta tipis berbentuk persegi ataupun persegi panjang yang ditumpuk kemudian diberi isian berupa daging atau sesuai selera pada bagian tengahnya.

Linguine

Linguine adalah jenis pasta yang mirip dengan Spaghetti namun dengan bentuk yang pipih dengan lebar sekitar 4 mm.

Baca Juga:10 Teh Termahal Di Dunia, Harga 1 Kilogramnya Mencapai 18 Miliar Rupiah10 Festival Paling Unik Di Dunia Yang Salah Satunya Berasal Dari Indonesia

Rigatoni

Rigatoni adalah jenis pasta berbentuk tabung dengan permukaan luarnya yang bergerigi. Meskipun bentuknya mirip dengan pasta Penne, namun Rigatoni memiliki beberapa perbedaan yaitu diameternya yang lebih besar serta ujungnya dipotong secara lurus.

Farfalle

Sesuai dengan namanya, Farfalle adalah pasta berbentuk kupu kupu. Farfalle dibentuk dari pasta berbentuk persegi yang bagian pinggirnya bergerigi yang kemudian bagian tengahnya dijepit sehingga mirip dengan dasi kupu kupu.

Fusilli

Fusilli atau yang dikenal juga sebagai Rotini adalah salah satu jenis pasta yang memiliki bentuk spiral. Fusilli dibentuk secara tradisional dengan cara menggulungnya diatas sebuah batang yang lurus, kemudian dipotong sesuai dengan ukurannya.

Macaroni

Makaroni adalah jenis pasta berbentuk tabung yang melengkung. Macaroni sudah tidak asing di Indonesia dan sering kita jumpai di berbagai macam kuliner, misalnya saja seblak.

Cannelloni

Nah jenis pasta yang terakhir ini dinamakan Canneloni. Pasta ini berbentuk tabung, namun tidak melengkung seperti Maccaroni. radarcirebon.tv

0 Komentar