Hasil Tangkapan Nelayan Berkurang

0 Komentar

Sejumlah nelayan di TPI Bondet, Kabupaten Cirebon, banyak yang mengeluhkan, hasil tangkapan ikan berkurang, akibat cuaca buruk.

Sejumlah nelayan di TPI Bondet Gunung Jati Kabupaten Cirebon, mengeluhkan hasil tangkapan ikan  yang menurun drastis. Hal ini akibat dampak cuaca yang buruk, dan gelombang laut yang tinggi, sehingga tangkapan nelayan berkurang.

Kondisi cuaca yang tidak menentu, membuat nelayan hanya bisa pasrah, dan mengurangi aktivitas melaut.

Baca Juga:Rapat Kerja Komisi II Terkait Aset PemdaKomisi III Soroti Banyak Jalan Rusak

Sementara itu, akibat cuaca yang ekstrem, sejumlah kapal nelayan banyak yang bersandar di tepi pantai, untuk sementara waktu, demi keselamatan diri.

Dilain sisi, ketidakseimbangan antara harga jual ke bakul pelelangan ikan, dengan modal yang harus dikeluarkan nelayan untuk melaut, membuat nelayan banyak yang merugi. Karena beberapa kebutuhan untuk melaut banyak yang sudah naik, seperti timah, jaring, dan tali tambang hingga bahan bakar solar.

Salah seorang nelayan mengatakan, hasil tangkapan ikan yang biasanya yang didapatkan selama melaut dikisaran 15-30 kilogram, untuk kondisi sekarang ia hanya bisa mendapatkan 10-5 kilogram hasil tangkapan ikan.

Nelayan berharap, harga ikan bisa kembali naik agar seimbang dengan modal yang dikeluarkan oleh nelayan.

0 Komentar