Keris Pandawa Cinarita Miliki Panjang 70 Cm Lebih

0 Komentar

Keris pandawa cinarita, berukuran yang tidak biasa, dengan memiliki panjang sekitar 70 centimeter. Keris jenis ini dulunya biasa digunakan dalang dalam menjalankan pagelaran, namun keberadaannya dianggap sudah mulai langka.

Keris merupakan salah satu jenis pusaka senjata tajam golongan belati dan memiliki ragam fungsi budaya yang ada di nusantara. Dengan berbagai ukuran, namun umumnya keris berukuran antara belasan hingga 25 cm.

Salah satu pecinta tosan aji di Cirebon, memiliki keris pandawa cinarita yang dipamerkan dalam pusaka tosan aji di Keraton Kacirebonan. Dan berukuran tidak biasa, yakni memiliki panjang sekitar 70 cm, dengan lebar di bawah sekitar 15 cm.

Baca Juga:Kak Seto Tanggapi Kasus Penganiayaan Oleh Anak Pejabat PajakSuzuki Grand Vitara Terbaru 2023 Semakin Bertambah Tahun, Semakin Canggih dan Sporty?

Pemilik keris pandawa cinarita mengungkapkan, keris jenis ini pada masa lalu digunakan para dalang dalam melaksanakan pagelaran wayang. Serta digunakan pelaku budaya saat melakukan pertunjukan.

Keris pandawa cinarita seperti ini dibuat sekitar abad ke 19, dan dianggap sudah langka. Karena jumlahnya yang bisa ditemukan tinggal beberapa bilah.

0 Komentar