Jembatan Kedungmaung Terancam Ambruk

0 Komentar

Hujan intensitas tinggi melanda Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon sejak beberapa hari lalu. Akibatnya salah satu jembatan di Desa Gemulung Tonggoh longsor dan dikhawatirkan ambruk sewaktu waktu.

Beginilah kondisi tebing sungai cikanci, tepatnya pada sisi jembatan kedung maung yang menjadi akses utama warga Desa Gumulung Tonggoh menuju Desa Buntet Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Sudah dua kali tejadi longsor baik disisi kiri maupun kanan jembatan.

Kepala Desa Gumulung Tonggoh, Saefudin menjelaskan pergerakan tanah yang terjadi di wilayahnya sudah terjadi dua kali. Longsor pertama terjadi bulan Januari pada tebing setinggi 10 meter disisi kanan jembatan kedung maung.

Baca Juga:Dukung Lomba Make Up Glamor Pengantin ModernWarga Buang Sampah Di Samping Flyover Pakantingan

Saat itu pihaknya langsung melaporkan pada Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis) untuk segera ditanggulangi. Namun belum juga diperbaiki, longsor susulan terjadi beberapa hari kemarin, akibat hujan lebat tebing sisi kiri jembatan longsor. Ia khawatir jika dibiarkan terus menerus, jembatan akan terputus.

Sebelumnya, pihak desa sempat memberikan rambu-rambu peringatan berbahaya dan melarang kendaraan roda 4 melawati jembatan tersebut. Namun rambu itu justru hilang dan tetap dilalui kendaraan roda 4. Jika jembatan itu sampai terputus, akses utama warga gumulung tonggoh kebeberapa desa di 3 kecamatan akan terisolir.

0 Komentar