10 Lukisan Paling Mahal Di Dunia Dengan Harga Triliunan Rupiah

10 Lukisan Paling Mahal Di Dunia Dengan Harga Triliunan Rupiah
0 Komentar

Salvator Mundi adalah lukisan paling mahal di dunia hingga saat ini. Mahakarya dari pelukis terkenal Leonardo Da Vinci ini terjual dengan harga 450,3 juta US Dollar atau sekitar 6,95 triliun Rupiah dalam sebuah lelang yang dilakukan oleh rumah lelang Christie’s pada bulan November 2017 lalu.

Harganya yang sangat fantastis ini berhasil mengalahkan rekor lukisan termahal sebelumnya yang dipegang oleh lukisan Les Femmes d’Alger karya Pablo picasso yang berhasil terjual 179,4 juta US Dollar pada tahun 2015.
Selain membuat lukisan Salvator Mundi, Leonardo Da Vinci juga membuat beberapa lukisan lainnya seperti The last Supper dan Mona Lisa yang menjadi salah satu lukisan paling terkenal di dunia.

Daftar lukisan termahal di dunia

2. Interchange – Willem de Kooning

Interchange adalah sebuah lukisan abstrak termahal hasil karya pelukis Willem de Kooning yang berasal dari Belanda. Lukisan ini dibuat pada tahun 1955 dan menjadi salah satu lukisan abstrak pertama yang dibuat oleh Willem de Kooning.

Baca Juga:10 Patung Tertinggi Di Dunia Yang Menjadi Tujuan Wisata5 Mobil Listrik Termahal di Dunia Dengan Harga Milyaran Rupiah

Pada tahun 2015 lukisan ini berhasil terjual dengan harga 300 Juta US Dollar dalam sebuah lelang di Art Institue of Chicago kepada seorang milyader Amerika yang bernama Kenneth C Griffin.

3. The Card Players – Paul Cézanna

Di daftar yang ke 3 lukisan paling mahal di dunia ini terdapat lukisan The Card Players yang dilukis oleh seorang pelukis yang bernama Paul Cézanna di masa kejayaannya sekitar tahun 1890 an.

Lukisan ini terdiri dari 5 seri lukisan yang dilukis dalam versi serta ukuran yang berbeda yang salah satunya dibeli oleh Royal family Of Catar pada tahun 2011 seharga 250 juta US Dollar.

4. Nafea Faa Ipoipo – Paul Gauguin

Nafea faa ipoipo yang dalam bahasa Inggris berarti when will you marry merupakan salah satu lukisan paling mahal di dunia yang dilukis oleh Paul Gauguin pada tahun 1892.

Selama hampir setengah abad lukisan ini tersimpan di musium Kunst yang berada di kota Basel, Swiss sebelum akhirnya dijual secara privat pada tahun 2015 oleh keluarga Rudolf Staechelin kepada Al Mayassa binti Hamad bin Khalifa Al Thani yang merupakan saudara perempuan dari penguasa Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani seharga seharga 210 juta US Dollar.

5. Number 17A – Jackson Pollock

Number 17A merupakan sebuah lukisan karya dari pelukis Amerika yang bernama Jackson Pollock. Lukisan abstrak ini masuk kedalam salah satu daftar lukisan termahal dalam sejarah setelah berhasil terjual 200 juta US Dollar pada tahun 2015.

Saat ini lukisan yang dibuat pada tahun 1946 itu dimiliki oleh seorang kolektor seni sekaligus miliarder Kenneth C Griffin. Griffin menempatkan lukisan Number 17A tersebut pada rumah pribadinya setelah sebelumnya lukisan ini terpajang di Art Institue of Chicago.
Selain Number 17A, Griffin juga mengoleksi salah satu lukisan termahal lainnya yaitu lukisan Interchanged karya pelukis Willem de Kooning’s.

Baca Juga:5 Kapal Induk Terbesar di Dunia Dengan Berat Ratusan Ribu Ton5 Dump Truk Terbesar Dan Terberat Di Dunia

6. No. 6 (Violet, Green and Red) – Mark Rothko

Siapa sangka, lukisan yang terlihat simpel dengan gradasi warna violet, hijau dan merah ini terjual dengan harga 186 juta US Dollar pada bulan Agustus 2014.

Lukisan abstrak yang dinamakan No. 6 (Violet, Green, Red) ini merupakan karya dari seorang pelukis Latvia Amerika yang bernama Mark Rothko dan dibuat pada tahun 1951.

7. Pendant portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit – Rembrandt

Lukisan Pendant portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit ini merupakan sebuah lukisan yang dilukis oleh Rembrandt pada tahun 1634 dengan tujuan untuk merayakan pernikahan antara Maerten dan Oopjen.
Awalnya lukisan ini dimiliki oleh keluarga Rothschild yang kemudian dibeli oleh Louvre Museum dan the Rijksmuseum secara patungan pada tahun 2015 sebesar 180 juta US Dollar.

8. Les Femmes D’Alger – Pablo Picasso

Les Femmes D’Alger atau yang dalam bahasa Inggris berarti Women of Algiers merupakan sebuah lukisan paling terkenal di dunia karya pelukis Spanyol Pablo Picasso.

Lukisan yang dilukis pada tahun 1955 ini merupakan jenis lukisan abstrak yang terinspirasi dari lukisan 1834 karya Eugène Delacroix.
Les Femmes D’Alger yang terdiri dari 15 versi lukisan berhasil terjual dengan harga fantastis yaitu sebesar 197,4 juta US Dollar.

9. Nu couché – Amedeo Modigliani

Salah satu lukisan kontroversial karya pelukis Italia Amedeo Modigliani ini berhasil menjadi salah satu lukisan bernilai jual paling tinggi di dunia yaitu sebesar 157,2 juta US Dollar.
Lukisan yang menampilkan wanita tidak berbusana ini berhasil terjual dalam sebuah lelang yang dilakukan oleh rumah lelang Sotheby’s New York.

10. No. 5, 1948 – Jackson Pollock

Lukisan tak berbentuk ini berhasil terjual pada angka 140 juta US Dollar pada tahun 2006 oleh seorang kolektor seni yang tidak diketahui identitasnya.

Berbeda dari lukisan lainnya, No 5 1948 dilukis pada media fiber board berukuran 2,4 x 1,2 meter oleh pelukis Amerika Jackson Pollock pada tahun 1948.

0 Komentar