Mari Mengenal Batik Pekalongan

batik pekalongan
Batik Pekalongan/ foto: Fimela/
0 Komentar

Batik Pekalongan/ foto: Fimela/

RADARCIREBON.TVPekalongan kaya akan batiknya. Berkunjung ke Pekalongan belum lengkap jika tak membeli karya seni ukir kain tersebut. Kain ukir ini merupakan batik yang berasal dari Pekalongan, Jawa tengah.

Pekalongan, di Jawa Tengah, mendapat julukan “Kota Batik” karena mayoritas penduduknya telah bermata pencaharian sebagai pengrajin batik selama beberapa generasi. Pekalongan juga di kenal sebagai “Kota Batik Dunia”.

Warna-warna cerah dan “nyeleneh” menjadi ciri khas batik pekalongan yang digunakan untuk membuat setiap helai busana tersebut.

Baca Juga:Bingung Nyari Penginapan? Ini Rekomendasi Hotel Murah di Baturaden3 Rekomendasi Wisata Baturaden Purwokerto – Harga Tiket 2023

Merah muda, salmon, biru, hijau, kuning, dan jingga adalah beberapa warna yang umum terlihat pada karya para pembatik Pekalongan. Warna-warna ini menyampaikan rasa ketenangan pada orang yang memakainya.

Penggunaan cairan lilin atau lilin untuk memblok warna merupakan ciri khas batik. Selain itu, desain dekoratif yang halus dan rumit adalah ciri lain dari batik. Salah satu batik pesisir yang paling bersinar adalah batik pekalongan.

Menurut perkiraan, batik sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Pada masa Majapahit, batik telah di sebutkan dalam dokumen sejarah. Popularitasnya memuncak menjelang akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20.

Setiap desain dari kain ini mengungkapkan konsep tentang keindahan flora dan fauna Indonesia.

Ini adalah salah satu warisan budaya yang berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Pola batik ini mirip dengan pola kimono Jepang pada masa pendudukan Jepang.

Tema-tema ini berasal dari perpaduan yang berbeda dari budaya daerah dan etnis Tionghoa. Pekalongan dulu berfungsi sebagai pusat pedagang internasional, yang menjelaskan alasannya.

Akibat akulturasi, Batik Pekalongan, khususnya motif jlamprang, motif buketan, motif bulan terang, motif semen, motif pisan bali, dan motif lung-lungan, cukup berbeda dan khas.

Baca Juga:4 Wisata Populer Baturaden, Kesini Yuk!Sudah Pada Tau? Ini Asal Muasal Baturaden

Berikut beberapa motif batik Pekalongan.

  • Motif batik semen, untuk motif ini mirip dengan motif semen dari batik Jogja dan Solo. Gambar yang di ungguli adalah pola tumbuhan, pepohonan, dan aneka macam hewan.
  • Batik terang bulan, batik ini dinamakan terang bukan karena memperlihatkan terangnya cahaya bulan purnama di malam hari.
  • Batik liong, corak ini identik dengan masyarakat Tionghoa di masa lalu.
  • Kekayaan alam tujuh rupa, pada corak ini mengandung akan kekayaan alam dari Pekalongan yang di gambar dengan motif yang berbeda.
  • Motif batik sawat,
  • Motif batik jlamprang,
  • Batik buketen
  • Batik jawa hokokai
  • Batik encim

Itulah informasi mengenai batik pekalongan. Semoga Bermanfaat.***

0 Komentar