Stasiun Kebumen Penuh Kenangan

stasiun kebumen
kebumen
0 Komentar

pada tahun 17 Juni 1864, Gubernur Jenderal Mr. L. A. J. W. Baron. Sloet van Beele membuka jalur kereta Api pertama di Jawa, yang berada di kebumen saat itu merupakan bagian dari Hindia Belanda. dengan klasifikasi stasiun kereta api kelas I. Stasiun ini melayani berbagaikelas layanan rute perjalanan kereta api, mulai dari ekonomi, bisnis, hinggaeksekutif. Lokasi Stasiun Kebumen berdekatan dengan RSUD Kebumen dan MarkasKodim. Jalur ini dilengkapi dengan fasilitas infrastruktur berupa 3 jalur rel kereta apidan 4 peron stasiun.

Stasiun Kebumen Dari Luar

Stasiun Kebumen (KM) adalah stasiun kereta yang terletak di Kelurahan Panjer Kebumen Stasiun yang terletak pada tinggi +21 m ini berada di Kawasan Operasi V, Stasiun Kebumen adalah stasiun terbesar kedua di Kabupaten Kebumen setelah Setelah Stasiun Karang Anyar ini berada di dekat pusat Kota Kebumen.

Jika di lirik dari angkutan antar transportasi, jarak antara Terminal Kebumen dengan stasiun ini di bilang cukup jauh. Lokasi nya berhampiran dengan Markas Kodim 0809 Kebumen dan RSUD Kebumen.

Baca Juga:Pantai Menganti Yang Indah5 Tempat Wisata Pantai Di Kebumen

Stasiun ini dulu memiliki lima jalur akan tetapi jalur 4 dan 5 di bongkar karena masih rel kecil. Jalur 1, 2, dan 3 sajalah yang di gunakan masa ini menjadi jalur perhentian KA. Jalur 1 (330 m) dan jalur 3 (360 m) di gunakan menjadi jalur silangan. Kepada jalur 2 (330 m) di gunakan menjadi jalur utama. Pada jalur 5 terhubung dengan jembatan timbang  yang sekarang di buat bentuk menjadi cagar budaya.

stasiun kebumen yang ramai

Saat ini Stasiun Kebumen sedang berbenah dalam rangka pelaksanaan pembangunan jalur double track yang di canangkan oleh pemerintah. Pembangunan dan pelayanan transportasi publik yang modern, efektif, efisien menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat dihindari.

0 Komentar