5 Objek Wisata Purworejo, Mana yang Sudah Kalian Kunjungi?

objek wisata purworejo
Goa Seplawan sebagai salah satu objek wisata Purworejo/ foto: TICMPU/
0 Komentar

Goa Seplawan sebagai salah satu objek wisata Purworejo/ foto: TICMPU/

RADARCIREBON.TV – Tidak seperti Malang, Purworejo bukanlah kota yang terkenal. Namun, tidak mengherankan jika ada banyak sekali obyek wisata Purworejo yang belum tergali dapat di gali dan di kembangkan. Dari Yogyakarta, kabupaten ini hanya berjarak satu jam berkendara.

Ada banyak tempat obyek wisata Purworejo terpercaya yang menarik pengunjung. Purworejo adalah tujuan ideal untuk melepaskan diri dari kepenatan dan kebosanan akibat aktivitas, baik wisata alam maupun buatan.

Goa Seplawan

Gua Seplawan yang terletak di sekitar Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, merupakan lokasi lain yang memiliki kaitan dengan sejarah Kabupaten Purworejo.

Baca Juga:Dingin Banget! Ini 4 Wisata Curug Purworejo Terbaru3 Sego Khas Purworejo Ini Harus Kalian Coba!

Karena di rujuk dalam Prasasti Kayu Arahiwang, gua ini patut di perhatikan. Prasasti tersebut memperjelas bahwa Gua Seplawan merupakan salah satu lokasi yang harus di lestarikan karena kesuciannya.

Gua Seplawan pertama kali di temukan pada tanggal 28 Agustus 1979. Sebuah patung pasangan dewa dewi yang terbuat dari emas murni digali di salah satu pintu masuk gua.

Menunjukkan bahwa Gua Seplawan pernah di gunakan sebagai tempat pemujaan. patung Dewa Siwa dan Dewi Parwati, yang merupakan dua dewa dan dewi paling di hormati di dunia.

Puncak Gunung Ijo

Desa Durensari, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah merupakan rumah bagi Gunung Ijo Bagelan.

Gunung Ijo terletak di garis pemisah antara Kulon Progo dan Purworejo di perbukitan yang ditorehkan. Gunung Ijo Bagelan, Purworejo, dapat di akses pengunjung dengan menggunakan kendaraan bermotor atau mobil.

Pengunjung harus berjalan sekitar 25 hingga 30 menit di berbagai rute untuk mencapai puncak puncak. Namun begitu Anda mencapai puncak Gunung Ijo, usaha dan perjalanan panjang akan terbayarkan.

Curug Lumbung

Obyek wisata Purworejo selanjutnya yaitu Curung Lumbung atau dengan nama lain Curug Santren dari Purworejo, tercipta melalui aliran sungai yang murni alami.

Baca Juga:Hutan Pinus Kalilo, Wisata Purworejo dengan Keindahan Alam yang Menawan!Ternyata Ini Manfaat Makan Peuyeum Ketan, Salah Satunya dapat Menghindari Stres!

Tidak banyak peminat wisata instagenic ini karena wisata alam ini memang tidak kalah populer dengan tempat wisata Jawa Tengah lainnya.

Berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Purworejo, Air Terjun Lumbung terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah.

Deret Mahoni

Krajan, Nampurejo, Kec. Purwodadi, Kabupaten Purworejo, dan Jawa Tengah menjadi lokasi rangkaian Mahoni. Kekuatan pohon mahoni berumur puluhan tahun menjadi daya tarik utama Deret Mahoni.

Jalan rabat beton yang menghubungkan warga Desa Nampurejo dengan jalan utama Daendels itu tampak selalu di jaga oleh pohon-pohon tersebut. Ini bisa menjadi rencana yang bagus untuk perjalanan ke tempat wisata lain, khususnya di Jawa Tengah.

Hutan Pinus Kalilo

Tempat wisata di Purworejo yang baru-baru ini ada adalah Hutan Pinus Kalilo. Hutan ini terletak di desa Tlogoguwo Jawa Tengah, di Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo.

Lokasi tersebut telah menerima banyak wisatawan meskipun baru saja di buka. Hutan Pinus Kalilo menawarkan pemandangan yang menakjubkan di samping berbagai peluang foto yang menarik. Salah satu daya tarik di lokasi ini adalah ini.

Itulah informasi mengenai obyek wisata Purworejo yang harus kalian kunjungi.***

0 Komentar