Fakta Menarik Roti Unyil Bogor

Fakta Menarik Roti Unyil Bogor
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Siapa yang belum pernah nyobain makanan khas Bogor ini? Ya Roti Unyil adalah salah satu makanan khas Bogor. Bukan hanya Talas Bogor saja yah… Berikut ada fakta menarik tentang Roti Unyil Bogor.

Jika kamu pernah berkunjung atau berwisata ke Bogor, pasti tahu tentang Roti Unyil. Roti Unyil memang sudah di kenal sebagai salah satu ikon oleh-oleh khas Bogor yang paling melegenda. Ternyata ada kisah menarik juga di balik bisnis Roti Unyil ini.

Berikut ini ada beberapa fakta menarik tentang Roti Unyil Bogor yang harus di ketahui.

Baca Juga:4 Rekomendasi Hotel di Bogor – Murah Cuma 100 Ribu Sangat Cocok untuk StaycationCobain Dah Restoran Ini Punya Makanan Viral di Bogor

Sejarah Roti Unyil

Roti Unyil pertama kali di buat pada tahun 1992 oleh Hendra Saputra Hawidjaja bersama kakaknya Harlianty. Bisnis roti di mulai ketika kedua orang tuanya meninggal.

Mereka tidak pernah menyerah dan juga melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan usaha kecil mereka untuk menghidupi keluarga mereka. Salah satunya membuat roti sesuai resepnya sendiri. 

Hendra memulai usaha yaitu membuat roti ukuran biasa seperti roti tawar dan sandwich dengan rasa yang berbeda. Belakangan ia mengembangkan berbagai macam roti dengan membuat roti yang berbeda dari roti lainnya, yaitu roti berukuran mini yang di tujukan agar anak-anak mudah makan. 

Asal Mula Nama Roti Unyil

Konsep yang berbeda ini terbukti berhasil menarik minat pasar dan antusiasme masyarakat terhadap toko roti mini ini sangat besar sehingga mereka berhasil membuka toko pertamanya di Jalan Sukasar, Bogor. Saat ini Roti Unyil Venus menjadi kuliner andalan di Bogor.

Namun pemilik tidak ingin membuka cabang di luar Bogor, “karena Roti Unyil sudah tertanam kuat di benak masyarakat sebagai oleh-oleh khas kota Bogor. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kualitas roti yang di buat tanpa bahan pengawet.” Hendra Saputra Hawidjaja menjelaskan alasannya.

Ada cerita menarik di balik nama Roti Unyil. Awalnya roti ini bermerek Venus, karena bentuknya yang kecil roti ini lebih di kenal dengan nama Roti Unyil.

Pelanggan memberi judul tersebut karena film wayang “Si Unyil” sedang booming saat itu. Anak-anak yang ingin melihat “si unyil” di sebut juga versi mini dari Venus Bakery Roti Unyil. 

Baca Juga:Bukan Raja Ampat ~ Inilah Surga Dunia Tersembunyi di IndonesiaRekor Dunia Inilah Foto Ogoh-ogoh Bali Terbesar Tahun 2023

Banyak Varian Rasa

Roti Unyil juga merupakan signature product dari Venus Bakery yang menawarkan 25 varian rasa antara lain coklat, keju, cured meat, durian, jagung, oreo dan masih banyak lagi. Daging sapi asap, keju, dan jagung manis sangat populer di kalangan pembeli. Kekuatan Roti Unyil Venus terletak pada rasanya yang kuat dan menjadi daya tarik dari roti ini.

Seiring kemajuan teknologi, Roti Unyil mulai merambah dunia digital, membuat akun media sosial untuk membuka peluang menjadi retailer dan peluang baru bagi Roti Unyil untuk mengembangkan pasar. Roti Unyil pun melebarkan sayapnya dengan berjualan melalui platform online.

Roti Unyil juga menjadi salah satu pemenang eKuliner Awards 2022, sebuah ajang penghargaan bagi UMKM kuliner online yang diinisiasi oleh Paxel dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Republik Indonesia. 

Gimana? Sekarang sudah tahu kan beberapa fakta menarik tentang roti Unyil Bogor. Kalau ke Bogor jangan lupa bawa oleh-oleh khas Bogor yakni Roti Unyil Bogor yah,,, 🙂

0 Komentar