Makanan Khas Cianjur ini Wajib Kamu Cobain Kalau Sedang Berkunjung Ke Sini

laksa cianjur
Makanan Khas Cianjur (foto : https://www.instagram.com/brianardianto/)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Cianjur merupakan wilayah di Jawa Barat yang berbatasan dengan Bandung dan Bogor. Selain terkenal dengan keindahan alam yang menenangkan mata, Cianjur juga mempunyai hidangan khas yang harus dicicipi saat berkunjung ke kota ini.

Bagi kamu wisatawan yang sedang berkunjung ke Cianjur, tidak ada salahnya jika berhenti sejenak untuk kulineran mencoba makanan khas Cianjur. Kuliner khas dari daerah ini memiliki makanan khas yang beragam. Dari yang berkuah hingga sate pun terdapat di sini.

Rasanya yang nikmat menjadikan makanan khas Cianjur ini banyak di cari oleh banyak orang. Maka dari itu, sangat di sayangkan bila kamu melewatkan kesempatan mencoba hidangan khas Cianjur apabila sedang berkunjung ke wilayah ini.

Baca Juga:Harga Terjangkau, Desain Memukau, Inilah Honda Amaze 2021Cari Tempat Arum Jeram di Majalengka? Wajib Coba Cikadongdong River Tubing

Apa aja sih makanan khas Cianjur? Ini dia rekomendasi makanan khas Cianjur yang wajib di coba

  1. Geco

Makanan ini adalah salah satu hidangan khas yang terkenal di Cianjur. Di sebut Geco, singkatan dari Toge dan Tauco. Sesuai dengan namanya, hidangan ini terbuat dari tauge atau toge yang diolah dengan tauco sebagai bumbu utamanya.

Kuliner ini di sebut-sebut telah ada sejak masa sebelum kemerdekaan, yakni pada dekade 1930-an. Biasanya, porsi geco terdiri dari tauge, tahu goreng, ketupat yang sudah di iris, mi glosor, irisan kentang, telur rebus, dan kuah tauco.

2. Sate Maranggi

Sate maranggi mempunyai ciri khas yang berbeda dari sate-sate lainnya, di mana sebelum daging sapi yang menjadi bahan utama sate ini di bakar, terlebih dahulu di marinasi atau di bacem dengan berbagai macam bumbu.

Bumbu baceman tersebut memberikan cita rasa yang lebih kompleks pada sate maranggi, dengan dominasi rasa manis yang di hasilkan dari penggunaan gula aren sebagai salah satu bahan baceman.

Sate maranggi umumnya tidak di sajikan dengan sambal kacang, melainkan dengan sambal oncom dan cawe rawit utuh. Sate ini dapat di nikmati bersama nasi putih, nasi kuning, atau ketan bakar.

3. Laksa Cianjur

Kuliner ini sangat di minati oleh penduduk setempat maupun pengunjung yang datang ke Cianjur. Kamu juga harus mencoba hidangan ini karena pasti rasanya tidak akan mengecewakan dan harganya juga terjangkau. Bahan utama dari laksa Cianjur adalah taoge dan daun kemangi, serta tidak lupa oncom dan bihun, dengan kuah yang menggunakan santan.

4. Bubur Cianjur

Bubur Cianjur ini memiliki perbedaan dari toppingnya, yaitu dengan pais bawang dan usus. Topping ini memberikan cita rasa yang berbeda dengan bubur dari daerah lain. Tak hanya itu, bubur ini di sajikan dengan kerupuk yang telah di haluskan di tambah dengan beberapa biji emping. Jika bubur lain dapat di nikmati dengan cara di aduk atau tidak, bubur Cianjur akan lebih nikmat jika di aduk, sehingga semua rasa dari bubur dan toppingnya menyatu dalam setiap suapan.

Baca Juga:Inilah Daftar Travel Semarang – Temanggung, No. 2 Bisa Door to DoorMANTULL! Daihatsu Ayla 2023 Harganya Rp 134 Jutaan Aja Nih Gengs!

Demikianlah rekomendasi makanan khas Cianjur yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sini. Rasanya yang nikmat dan menggiurkan tidak akan membuat kamu menyesal mencobanya.

0 Komentar