Sudah Tahu Dengan Kendal Industrial Park?

Sudah Tahu Dengan Kendal Industrial Park?
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kendal merupakan salah satu di daerah Jawa Tengah yang mempunyai banyak Industrinya. Kendal Industrial Park (KIP) adalah kawasan industri terbesar & terbaik di Indonesia dengan total luas pengembangan 2.200 hektar.

Kendal Industrial Park

Sebagimana kita tahu bahwa Kendal mempunyai potensi yang luar biasa sebagai bagian dari Semarang Raya, gerbang investasi Jawa Tengah. Sudah saatnya Kendal pada umumnya dan Jawa Tengah pada khususnya menjadi tujuan para investor dan pengembangannya ke depan. Letaknya yang strategis menjadikan Kendal sebagai salah satu zona lokasi KEK Indonesia. 

Alasan yang menjadikan Kendal sebagai KEK adalah letaknya yang strategis di jalur distribusi Pulau Jawa. Dukungan infrastruktur lengkap, 2 pelabuhan ekspor, 2 bandara internasional, jalur kereta api, saluran gas dan listrik.

Baca Juga:Inilah Hotel di Kendal Termewah Tahun 2023Berani Coba? Inilah Bakso Yang Lagi Viral di Purwokerto

Jumlah Industri

Selanjutnya Terdapat 873 industri berorientasi ekspor, 3.339 industri menengah dan besar, 524 industri manufaktur, dan 644.000 industri kecil. Sumber daya manusia di dukung oleh 5 PTN, 244 PTS, 782 SMK, 19 BLK, 2 BLKI dan BKSP (Badan Koordinasi Kualifikasi Profesi).

Kemudian Ketersediaan tinggi dan lisensi mudah di kelola di bawah satu atap untuk mempercepat proses (OSS). Dan beroperasinya pelabuhan penumpang dan niaga Kendal yang kemudian berganti nama menjadi Pelabuhan Mega Kendal. 

PT Pelabuhan Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Kendal menyepakati nota kesepahaman untuk menata kawasan industri terpadu.

Berikut ini Lokasinya Ds Wonorejo di Kaliwungu dengan luas lebih dari 3000 ha dan bisa menarik investor besar.

PT Jababeka Tbk bekerja sama dengan Pt Sembcorp Development Pte (Singapura) telah mengumumkan kesiapannya untuk mengembangkan lahan seluas 2.700 hektar tersebut. Maka, total investasi hampir $8 triliun, Kendal Industrial Park mulai dibangun tahun ini dan tetap berkelanjutan. 

Fakta Menarik

Kendal Industrial Park bukan hanya tempat bisnis saja, tetapi juga menjadi kota dan taman bisnis dengan sendirinya. Mungkin PT Jababeka memperlakukannya sama dengan konsep Jababeka di Cikarang. Kawasan Industri Jababeka Cikarang sendiri kini dipenuhi lebih dari 1.600 perusahaan lokal dan multinasional, dan kota Jababeka yang semula hanya 5.000 hektar lahan kosong, kini menjelma menjadi kawasan impian.

Kota Jababeka adalah rumah bagi 1,2 juta orang saat ini, termasuk 700.000 pekerja dan 13.000 pelajar lainnya serta 5.000 satpam, lainnya adalah 33.000 bangunan tempat tinggal, 1.650 perusahaan domestik dan internasional, 9 hotel/residensial, 28 pusat perbelanjaan, 16 klub dan pusat kebugaran.

Baca Juga:Duta Inspirasi Library Gelar Ajang Lomba Tingkat Nasional “Aksara Pelita” | Inilah Juara-juaranyaSiapa CEO Tiktok? Inilah Biodata Lengkapnya

Kemudian Sektor pendidikan: 31 playgroup, 18 sekolah dasar, 32 sekolah menengah, 37 sekolah menengah, 16 universitas, 36 sekolah kursus dan 21 tempat hiburan. Di sisa lahan, Movieland Jababeka Indonesia akan dibangun di atas lahan seluas 36 hektar dengan total investasi hampir 4 triliun.

Harapannya menjadikan Kendal sebagai kota besar melebihi Kota Jababeka yang menjadi impian Bupati Kendal Widya Kandi Susanti. 

0 Komentar