Relawan Bersihkan Sungai Citamba

0 Komentar

Sungai citamba, yang membentang di tengah Kota Kuningan, memiliki cerita kenangan yang membekas bagi warga setempat pada era tahun 70- hingga 80-an. Air bersih yang mengalir sudah tidak nampak lagi. Sejumlah relawan melakukan aksi bersih bersih sungai dan menemukan sampah hingga limbah Sabtu 6 Mei 2023.

Sungai citamba, yang membentang di tengah Kota Kuningan, memiliki cerita kenangan yang membekas bagi warga setempat pada era tahun 70- hingga 80-an. Dahulu, air bersih citamba kerap dimanfaatkan warga di sekitar sungai.

Sejumlah relawan yang tergabung kedalam aliansi masyarakat peduli aliran sungai atau ampas Kuningan, kembali menggelar aksi bersih bersih sungai citamba, Sabtu 6 Mei 2023.

Baca Juga:Sebuah Rumah Ludes TerbakarKota Cirebon Alami Inflasi Pada April 2023 Sebesar 0,37 Persen

Pembersihan dilakukan sepanjang 3 kilometer, dimulai pada pukul 7 pagi. Selain komunitas ampas, aksi ini melibatkan Damkar, Satpol PP, BPBD, kemudian beberapa komunitas lingkungan dan paguyuban, serta dukungan dari DLHK

Hasilnya relawan menemukan bermacam sampah. Bahkan, dalam catatan kepala Upt Damkar Kuningan Khadafi Mufti, petugas menemukan banyak sampah plastik, serta limbah kain.

Aksi bersih bersih sungai citamba ini menghasilkan puluhan karung sampah, untuk di angkut ke TPSA.

Ade rudianto koordinator aksi menerangkan, aksi ini dilakukan supaya aliran sungai citamba kembali bersih.

Manfaat lainnya dari bersih bersih sungai antara lain memperlancar aliran air, mencegah pendangkalan, memperbaiki ekosistem, dan mencegah bencana akibat penyumbatan sungai.

Penyelenggara aksi berharap, upaya nyata seperti ini dapat mengedukasi masyarakat,  meningkatkan kepedulian kepada lingkungan.

0 Komentar