Bangunan Kereta Api Sudah Berusia 111 Tahun

0 Komentar

Kondisi bangunan Stasiun Cirebon masih kokoh berdiri yang dikelola oleh pihak PT KAI, dan kini menjadi salah satu bangunan cagar budaya di Kota Cirebon yang berusia 111 tahun. Sejumlah koleksi barang peninggalan bersejarah yang dipajang di area stasiun untuk memperkenalkan bagian dari sejarah perkereta apian di Indonesia.

Stasiun Cirebon di tahun 2023, berusia 111 tahun, untuk melayani masyarakat yang menggunakan jasa kereta api. Meski sudah sangat tua, namun kondisi bangunan Stasiun Cirebon yang mulai dioperasikan pada 3 Juni 1912 lalu hingga saat ini masih tampak kokoh berdiri, kondisi bangunan kuno pun tampak sangat terasa saat memasuki boarding Stasiun Cirebon.

Bagian bangunan lain seperti 2 pintu besi yang berada di boarding atasiun juga masih asli sejak pertama kali stasiun dibangun. Bangunan Stasiun Cirebon ini juga merupakan salah satu cagar budaya yang masih digunakan di Kota Cirebon.

Baca Juga:Rapat Paripurna Pemandangan Umum FraksiRapat Paripurna Hantaran Bupati APBD 2022

KAI Daop 3 juga menambah koleksi barang bersejarah, berupa alat timbangan yang dulu digunakan untuk menimbang barang penumpang, dan juga sebuah gembok tua yang diyakini merupakan gembok salah satu pintu tua di bagian boarding stasiun.

Selain memiliki berbagai kenangan dan nilai sejarah, Stasiun Cirebon juga menjadi sumber ekonomi keluarga, seperti yang dirasakan oleh para porter di stasiun.

0 Komentar