Jangan Buru-Buru Beli Kalau Kamu Belum Tahu Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Motor Listrik- Ternyata Begini!

Unsplash.com
Unsplash.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Sepeda motor merupakan kendaraan roda dua yang di jalankan atau di gerakan oleh mesin. Termasuk dengan sepeda motor listrik. Siapa yang tidak mengenal dengan jenis yang satu ini.

Penggunan sepeda motor di Indonesia memang cukup banyak, bahkan motor menjadi salah satu kendaraan no 1 yang wajib kamu punya. Harganya yang relatif murah dan terjangkau sehingga banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia.

Salah satunya motor listrik ini. Motor listrik mulai banyak di minati oleh banyak orang. Di indonesia sendiri saat ini memiliki dua jenis motor listrik yaitu Battery Electric Vehicle (BEV) dan motor hybird yaitu gabungan antara mesin bahan bakar dan baterai.

Baca Juga:Mulai Dari Harga 1 Jutaan Kamu Sudah Dapat Hp Smartphone Android dengan Kualiatas Selangit: Harga dan SpesifikasiMobil Elit Bensin Irit! 5 Mobil City Car Paling Irit dan Gesit

Dari cukup banyaknya masyarakat yang sudah menggunakan sepeda motor listirk mungkin hanya tahu dari sisi kelebihannya saja yaitu ramah lingkungan, tetapi perlu kamu ketahui bahwa motor listrik ini tentu memiliki kekurangan juga. Berikut penjelasannya.

Kelebihan Seda motor listrik

1. Motor listrik lebih hemat

Kelebihan yang pertama yaitu sepeda motor listrik ini lebih hemat jika di bandingkan dengan motor konvensional. Saat ini motor konvensional mampu menghabiskan BBM sekitar 50 – 60 Km/liter. Kita tahu bahwa kenaikan BBM saat ini yaitu 10 ribu/ liter.

Jika di bandingkan dengan motor listrik saat ini memiliki daya tempuh yang sama yaitu 60 km/baterai dengan daya maksimal sekitar 2-4 kWh.

2. Suara mesin tidak berisik

Sepeda Motor listrik ini memiliki suara yang lebih senyap di bandingkan dengan motor konvensional, sehingga kamu tidak perlu takut dengan omongan tentangga karena suara motor kamu.

Hal ini karena motor listrik perlu mengalami proses internal yang menimbulkan kebisingan dan kontribusi terhadap polusi suara.

3. Lebih efektif

Keunggulan yang lainnya yaitu efisiensi yang relatif lebih tinggi, bahkan hingga 3 kali lipat dari mesin diesel. Tingkat efisiensi motor listrik bisa mencapai 90%.

4. Perawatan yang mudah

Motor listrik ini jauh lebih mudah dalam perawatannya karena komponen motor ini lebih sederhana. Selain itu motor listrik tidak membutuhkan oli jadi lebih hemat biaya.

Baca Juga:Murah Tapi Enggak Murahan, Ini Dia Daftar City Car Bekas Terbaik Untuk Menunjang KebutuhanNonton Netflix di Android TV Emang Bisa? Bisa dong, Berikut Cara Menghubungkan Netflix dengan Android TV

Kamu hanya perlu merawat komponen fast moving seperti ban, kampas rem, dan drive/van belt.

5. Ramah lingkungan

Motor listrik memang di kenal dengan motor yang ramah lingkungan. Di karenakan menghasilkan emisi yang menyebabkan polusi udara dan pemanasan global.

Motor listrik ini tidak mengeluarkan asap yang dapat mencemari udara karena kendaraan listrik, termasuk skuter listrik, ditenagai oleh baterai.

Kekurangan Motor Listrik

1. Pengisian Listrik umum yang terbatas

Saat ini untuk pengisian daya baterai di jaanan umum masih sangat terbatas. Ke khawatiran lainnya yaitu di saat kamu menempuh daerah terpencil dan belum memiliki Stasiun Pengisian Listrik umum.

Selain itu untuk waktu pengecasan membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jika kamu menggunakan motor listrik baterai tanam yang tidak bisa di-swap.

2. Bengkel motor listrik yang belum lengkap

Di karenakan penggunakan motor listrik yang masih jarang maka arena bengkel sepeda motor listrik jarang di temukan. Bisa menjadi masalah ketika motor listrik kamu harus segera di perbaiki.

Sedangkan untuk motor bengkel biasa masih belum bisa menangani motor listrik karena ada perbedaan struktur mesin.

3. Kapastias yang terbatas

Pada umumnya motor listrik memiliki kapasitas tidak lebih dari 150kg dan itu mempengaruhi kecepatan motor listrik.

Itu tadi penjelasan untuk keunggulan dan kekurangan dari sepeda motor listrik.

0 Komentar