Begini Cara Mudah Menerapkan Sistem Hidroponik NFT

Begini Cara Mudah Menerapkan Sistem Hidroponik NFT
Hidroponik Sistem NFT/ foto: agroniaga.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Ini dia, nformasi mengenai apa itu Hidroponik NFT dan bagaimana cara penerapannya.

Teknik teknis yang disebut hidroponik menggunakan media air yang kaya mineral, bukan tanah untuk menghasilkan tanaman. Industri pertanian,

yang sekarang mengalami kesulitan menemukan lahan subur baru untuk produksi tanaman, akan sangat di untungkan dengan penggunaan hidroponik.

Baca Juga:Yuk! Buat Hidroponik Murah & Mudah Menggunakan Botol Aqua Bekas, Simak Caranya Di Sini!Ini Dia! Aplikasi Remote Android TV Box Pada Ponsel, Cari Tau Di Sini!

Sistem Hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) adalah salah satu dari beberapa sistem hidroponik; namun demikian, karena sejumlah keunggulan di banding sistem lain, NFT dianggap sebagai sistem yang paling ideal untuk skala industri.

Dr. Allen Cooper menciptakan sistem NFT pada tahun 1960-an di Glasshouse Crops Research Institute di Littlehampton, Inggris, dengan maksud untuk meningkatkan hasil sayuran sepanjang tahun. Sistem NFT kemudian di kembangkan secara komersial pada tahun 1970-an.

Sistem NFT adalah teknik menanam tanaman dengan akar yang berkembang pada lapisan tipis yang bersirkulasi nutrisi sehingga tanaman mendapat suplai air, nutrisi, dan oksigen yang cukup.

Metode NFT biasanya di terapkan di rumah kaca yang mencakup tempat tidur untuk pertumbuhan tanaman.

Karena lapisan memiliki distribusi suhu di mana panas yang di kumpulkan dari suhu rumah kaca bergerak melalui konduksi, konveksi, dan radiasi, mereka merupakan komponen penting dari NFT.

Sistem NFT memiliki keuntungan memiliki kebutuhan air yang cukup, keseragaman, dan tingkat konsentrasi nutrisi

yang dapat di ubah tergantung pada umur dan jenis tanaman untuk mempercepat pertumbuhan tanaman.

Baca Juga:Bingung Pilih Mobil Kecil Murah untuk Wanita? Cek 3 Rekomendasi Terbaik Mulai Harga 100 Jutaan!Ini Dia! Saatnya City Car Toyota Terbaru Muncul Sebagai Pesaing Honda Brio! Cek Faktanya Di Sini

Gagasan mendasar di balik cara kerja NFT adalah bahwa air dan nutrisi di gunakan kembali setelah melewati pabrik, menjadikannya lebih efektif secara keseluruhan.

NFT telah di manfaatkan oleh beberapa petani skala kecil dan besar karena terjangkau, efektif, dan bermanfaat.

Penerapan Sistem Hidroponik NFT

Sistem NFT juga dapat dengan mudah di pasang di pekarangan dengan melakukan hal berikut:

  • Siapkan gelas plastik atau net pot.
  • Kemudian sepertiga dari pot atau gelas di si dengan pakis pohon yang di potong tipis. benih sayuran yang akan di tanam di sana.
  • Kemudian potongan pohon pakis setinggi 1 cm di tempatkan di atas benih. Setelah itu, masukkan ke talang berbentuk U atau talang yang terbuat dari plastik. Penutup selokan harus terbuat dari gabus.
  • Buat larutan NPK dengan perbandingan 1-2 gram per 1 liter air. Isi reservoir dengan larutan sampai terangkat jauh di atas pompa air. Selalu pertahankan air bah di atas pompa.
  • Sistem NFT siap di gunakan setelah pompa air di hidupkan.

Metode NFT memungkinkan untuk budidaya berbagai tanaman, termasuk kailan, selada, pakcoy, tomat, sawi, bayam, kangkung, terong, mentimun, rumput gajah, banyak varietas buah, dan tanaman obat dan herbal.

Itulah, nformasi mengenai apa itu Hidroponik NFT dan cara penerapannya.***

0 Komentar