Bumdes Pancur Jaya Terus Kembangkan Unit Usaha

0 Komentar

Pemerintah Desa Jatipancur, Kecamatan Greged mengapresiasi pengelolaan Bumdes Pancur Jaya yang terus mengembangkan unit usaha. Selain cucian kendaraan yang sudah berjalan, di tahun 2023 ini, memiliki dumptruk untuk jasa angkutan, serta sedang membuat sektor wisata, kolam renang anak dan kafe.

Meski sempat melewati masa covid-19, namun badan usaha milik desa atau Bumdes Pancur Jaya di Desa Jatipancur, Greged Kabupaten Cirebon, tetap bisa bertahan. Bahkan bisa berkembang untuk merubah lingkungan menjadi lebih baik.

Salah satunya lokasi yang dekat dengan sekolah TK di Desa Jatipancur yang sebelumnya kumuh dan selalu banjir saat musim hujan, kini sudah tidak lagi kumuh, Kuwu Desa Jatipancur, mengaku pengelolaan Bumdes cukup baik.

Baca Juga:BRT Trans Cirebon Koridor Dua Resmi BeroperasiDisbudpar Kab. Cirebon Gelar Festival Talun Ngangeni

Di mulai dari tahun 2020 dengan anggaran 230 juta, membangun cucian kendaraan, toko, dan sektor pertanian kebun pisang, dan beberapa tahun mengembangkan lagi unit usaha. Di tahun 2023, pemerintah desa merealisasikan dana desa sekitar 600 juta rupiah untuk membuat unit usaha baru, yakni dumptruk untuk jasa angkutan pasir dan batu.

Pengembangan unit usaha lain dilakukan, dan kini masih tahap pembangunan, berupa kafe dan juga wisata kolam untuk anak anak. Kedepan hasil dari Bumdes bisa untuk kemandirian finansial desa, dan keuntungannya diharapkan bisa digunakan untuk membangun sarana jalan atau gang lingkungan masyarakat.

0 Komentar