Wisata Side Land Kuningan Dirikan Destinasi Baru

0 Komentar

Bumdes Arya Kamuning terus berinovasi dalam mengelola pariwisata Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan. Menyusul sukses wisata Talaga Biru Cicerem, kolam renang Side Land, wisata terbaru dan dalam proses pembangunan adalah Kampung Sideland.

Bumdes Arya Kamuning terus berinovasi dalam mengelola pariwisata Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kuningan.

Menyusul sukses wisata Talaga Biru Cicerem dan kolam renang Side Land, wisata terbaru  yang kini dalam proses pembangunan adalah Kampung Side Land.

Baca Juga:Tabrak Lari, Truk Serempet MotorLanal Cirebon Gelar Olahraga Bersama

Direktur Bumdes Arya Kamuning Iim Ibrahim menuturkan, Kampung Side Land seluas 2 hektar, akan menjadi pusat camping, cottage, hingga wisata kuliner berupa rumah makan.

Kampung Sideland berlokasi yang cukup dekat dengan area kolam renang. Pusat camping dan wisata kuliner ini memiliki titik ketinggian dengan pemandangan yang menawan, yaitu panorama Gunung Ciremai dan pemandangan Cirebon dan sekitarnya.

Iim menargetkan wisata baru ini akan segera dibuka dalam beberapa bulan kedepan.

Pengembangan desa wisata ini mendapat perhatian dari pemerintah pusat dan Disporapar Kuningan.

Kepala Disporapar Kuningan Toto Toharudin menjelaskan, Pemkab terus mendorong kehadiran desa wisata di Kuningan. Salah satunya dengan digitalisasi desa, seperti inovasi Bumdes Arya Kamuning layak disebut pilot project digitalisasi Bumdes.

Bumdes Arya Kamuning saat ini berhasil menjalin kerjasama dengan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, perbankan, hingga BPJS Ketenagakerjaan. Diantaranya bertujuan untuk penerapan pembayaran dan transaksi digital seperti QRIS, di tempat wisata, hingga menjadikan Bumdes menjadi mitra perbankan untuk melayani masyarakat Desa Kaduela.

Hingga 22 juli 2023, diterangkan Kadisporapar, Kabupaten Kuningan telah memiliki 43 desa wisata, melebihi target awal sebanyak 25 desa hingga akhir tahun ini.

Baca Juga:Kebakaran Lahan Di Lapangan Tembak Kopi LuhurRutilahu Milik Anak Yatim Selesai Diperbaiki

Pemkab juga tengah berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kuningan, diantaranya dengan meningkatkan kolaborasi dengan daerah tetangga, seperti Majalengka Cirebon dan Indramayu. Disporapar berharap stakeholder pariwisata di kawasan Ciayumajakuning memiliki paket bersama, untuk ditawarkan kepada wisatawan dalam dan luar negeri.

Kawasan ini dinilai memiliki karasteristik pariwisata yang unik di setiap daerahnya

0 Komentar