5 Tips Membeli Mobil Second Kualitas Unggul

5 Tips Membeli Mobil Second Kualitas Unggul
tips membeli mobil second/foto:https://centrepark.co.id/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Tips membeli mobil bekas memang tak semudah yang di bayangkan, sebab harus melalui proses yang tepat. Ada banyak keuntungan membeli mobil bekas di banding mobil baru. Salah satunya adalah kamu bisa langsung menggunakannya. Dan yang paling penting adalah harga jual mobil bekas tentunya lebih murah dan tidak perlu khawatir dengan harga pajak yang begitu mahal. Karena setiap tahunnya ada kemungkinan pajak tahunan dapat berkurang tergantung dari berapa harga pajak kendaraan baru yang di miliki.

Apalagi bagi kamu yang memiliki simpanan uang tak begitu banyak, mungkin membeli mobil bekas menjadi pilihan daripada harus membeli mobil baru dengan harganya lebih mahal. Tapi apakah tepat jika ingin membeli mobil bekas dalam kondisi seperti saat ini?

Tips dan Trik Membeli Mobil Bekas

1. Cek Status Kendaraan

Semua orang mungkin sudah tahu salah satu langkah penting membeli mobil bekas ialah memastikan kecocokan data yang tertera di STNK, BPKB, dan kendaraan itu sendiri. 

Baca Juga:Deretan HP Murah Android 4G Harga Di bawah 1 Juta.Rekomendasi Mobil Terbaru 2020, Mana Jadi Incaran Kalian ?

Masih berhubungan dengan dokumen, calon pembeli juga sebaiknya mencari informasi status kendaraan tersebut di kantor Samsat.

Bukan berarti harus mendatanginya langsung, karena saat ini akses terhadap data kendaraan bisa di telusuri secara daring hanya bermodalkan nomor polisi. Tentunya melalui situs web resmi Samsat masing-masing daerah.

2. Beli dari Pemilik Harga Lebih Miring

Ada banyak “sumber” untuk mendapatkan mobil bekas, mulai dari showroom, balai lelang, atau pemilik sebelumnya langsung. Masing-masing memiliki keuntungan dan kekurangan.

Bagi mereka yang benar-benar mengutamakan harga terjangkau, sebaiknya prioritas berburu mobil bekas yang di jual langsung oleh pemilik sebelumnya. Tantangannya, di butuhkan kesabaran bahkan tenaga karena terkadang harus ke sana kemari.

Bagaimana dengan balai lelang? Opsi ini juga bisa di jadikan pilihan untuk mendapatkan mobil bekas murah. Walaupun itu artinya harus siap adu harga dengan peserta lelang lain yang biasanya di dominasi kalangan penjual atau showroom yang mencari “bahan” dagangan.

Mereka datang dengan modal lebih kuat dan bisa jadi lebih paham harga yang pantas untuk sebuah model mobil.

Di lain sisi, membeli mobil bekas dari showroom juga tetap dapat di jadikan pilihan. Kemungkinan harganya memang lebih tinggi karena pihak penjual mesti mendapatkan keuntungan. Tapi di showroom konsumen akan di hadapkan pada pilihan mobil yang luas.

Baca Juga:Spesifikasi & Harga Infinix Zero X ProTempat Wisata Bandung Sejuk, Indah & Instagramable

3. Menggunakan Jasa Inspektor Profesional

Tak semua orang memahami seluk beluk kendaraan. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri saat hendak membeli mobil bekas. Terlebih lagi tidak ada kerabat atau keluarga yang dapat membantu.

Pada situasi seperti ini jasa inspektor profesional yang independen dapat membantu. Mereka akan membantu calon pembeli mengetahui kondisi mobil melalui pemeriksaan pada hampir semua bagian kendaraan.

Kekurangannya, konsumen harus keluar dana lebih untuk biaya jasa inspeksi. Di samping itu, sebaiknya calon pembeli juga memberi tahu showroom atau penjual bahwa dirinya akan datang bersama inspektor untuk menghindari situasi yang canggung. 

4. Waspada Ruang Mesin yang Terlampau Bersih

Secara alamiah para penjual mobil bekas ingin agar dagangannya dapat memikat calon konsumen. Berbagai upaya pun di lakukan misalnya membersihkan kendaraannya sebaik mungkin.

Langkah tersebut mungkin saja termasuk area di bawah kap mesin. Calon pembeli sebaiknya tidak mudah tergoda dengan ruang mesin yang terlampau bersih. Tak ada salahnya bersikap skeptis bahwa “di balik” hal itu sebenarnya mesin mobil mengalami rembesan-rembesan oli.

Ada beberapa cara untuk mengeceknya. Paling gampang ialah menyalakan mesin mobil sekitar 10-15 menit. Lalu perhatikan blok mesin, kepala silinder, atau karter oli. Titik rembesan oli umumnya di tandai dengan munculnya debu pekat atau oli itu sendiri.

5. Tanyakan Kunci Cadangan

Sebuah mobil keluar dari diler dengan sejumlah kelengkapan, salah satunya ialah kunci cadangan. Oleh karena itu tak ada salahnya menanyakan keberadaan barang ini ketika hendak membeli mobil bekas.

Keberadaan kunci cadangan akan sangat berguna terutama pada mobil yang sudah dilengkapi immobilizer. 

0 Komentar