Lagi Bertanya-tanya, Apakah Set Top Box Bisa Pakai Antena Dalam? Cari Tahu Jawabannya Disini

Lagi Bertanya-tanya, Apakah Set Top Box Bisa Pakai Antena Dalam? Cari Tahu Jawabannya Disini
Apakah Set Top Box Bisa Pakai Antena Dalam (id.my-best.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Sudah punya Set Top Box, tapi apakah bisa di pakai dengan menggunakan antena dalam?

Pertanyaan tersebut mungkin menjadi segelintir pertanyaan yang di bingungkan oleh sejumlah orang ketika baru menggunakan Set Top Box atau STB.

Sebab, penggunaan STB kini sedang di gencarkan lantaran siaran analog yang mulai di hentikan. STB memang begitu di butuhkan karena terdapat fitur DVB-T2 yang membantu untuk menerima sinyal digital.

Baca Juga:Dompet Aman Siaran TV Nyaman! Inilah Daftar Set Top Box Termurah Buatmu yang Anti CekakApakah Set Top Box Bisa Pakai Antena Biasa? Temukan Jawabannya Disini

Dengan menggunakan STB, maka tidak perlu lagi untuk membeli sebuah televisi baru yang merupakan TV digital. Jika menggunakan STB, maka TV lama pun masih bisa di gunakan dengan hanya menyambungkan STB pada televisi.

Namun selain televisi, ada juga alat lainnya yang di butuhkan yaitu antena. Sama halnya seperti siaran TV analog, siaran TV digital pun juga memerlukan antena sebagai piranti untuk menangkap sinyal frekuensi radio dari pemancar televisi yang kemudian akan di teruskan ke televisi.

Apakah Set Top Box Bisa Pakai Antena Dalam atau Harus Antena Luar?

Jika sudah mempunyai antena, maka tidak perlu lagi membeli antena baru untuk tambahan perangkat yang di butuhkan. Sebab, antena biasa atau UHF pun, bisa di gunakan untuk menangkap sinyal digital. Dengan demikian, antena lama yang di miliki, masih bisa di gunakan untuk menonton siaran TV digital dengan menggunakan STB.

Lalu, untuk lokasi antenanya, bisa di taruh di dalam maupun di luar. Bahkan jika ingin membeli antena yang khusus untuk di dalam ruangan pun sudah banyak di pasaran. Misalnya dari merek PX HDA-5600, Toyosaki TYS-468AW, Taffware TFL-D139, dan Arashi ADA 1003.

Namun bisa di sesuaikan juga dengan kemampuan tangkapan dari antena agar fungsi dari antena bisa berjalan dengan optimal. Adapun hal yang perlu di perhatikan saat menaruh antena yaitu lokasinya. Taruhlah antena pada lokasi yang tidak terhalang dengan benda seperti bangunan, pohon dan lain-lain sehingga tayangan televisi yang di hasilkan pun bisa terlihat bagus.

Kemudian, selain lokasi, penggunaan antena juga perlu memperhatikan hal lainnya yaitu dengan menghubungkan melalui port “ANT IN” yang berada pada STB. Tujuannya yaitu agar sinyal dapat di konversikan.

0 Komentar