uuuhghh pusing dech !cara setting tv digital set top box bagaimana ya ??cari tahu di sini ya !

uuuhghh pusing dech !cara setting tv digital set top box bagaimana ya ??cari tahu di sini ya !
uuuhghh pusing dech !cara setting tv digital set top box bagaimana ya ??cari tahu di sini ya !
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- cara setting tv digital set top box (STB) sebenarnya mudah. Melalui perangkat tersebut, kamu bisa menikmati siaran TV digital di televisi analog, seperti TV tabung.

Mengutip laman Siaran Digital Kominfo, pemerintah telah mengganti siaran TV menjadi digital per 2 november 2022 untuk meningkatkan kualitas siaran.

mulai dari gambar yang lebih bersih dan suara yang canggih untuk yang masih menggunakan TV analog.

Baca Juga:Bisa dan gatis pastinya ! cara setting tv digital polytron tanpa set top box,cari tahu di sini ya !hah ciamik sekali yah ! kalau mobil terbaru 2022 warna pink,yuk rubah warna mobil mu sekarang juga !

kamu tak perlu membeli TV digital melainkan cukup memasang STB di TV rumah. Nantinya siaran digital bisa kamu nikmati.

bagi yang belum tahu apa itu set top box yu simak kelanjutan penjelasannya..

Apa Itu Set Top Box?

Set top box atau STB adalah sebuah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara sehingga bisa dinikmati di TV analog.

Sinyal digital nantinya di tangkap ke set top box melalui bantuan antena UHF. Selain itu, set top box bisa dipakai untuk TV tabung maupun layar datar yang belum digital.

Kominfo mengimbau masyarakat untuk menggunakan STB bersertifikasi karena alasan faktor keamanan. STB yang bersertifikasi Kominfo sudah sesuai standar siaran DVB-T2 di Indonesia sehingga bisa menampilan siaran TV digital.

Selain itu, STB yang bersertifikasi akan memberikan garansi apabila terjadi kerusakan pada perangkat. STB tersebut merupakan produksi dalam negeri.

STB bersertifikasi Kominfo di tandai logo DVB T2 dan Siap digital. Kamu bisa mengecek merek dan jenis STB yang sudah mendapatkan sertifikat lewat alamat siarandigital.kominfo.go.id/check-stb.

Cara Setting Set Top Box

Cara menggunakan setting set top box untuk mengolah siaran digital di TV analog juga mudah. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti, di kutip dari laman Siaran Digital Kominfo.

Baca Juga:waduduh jagan bingung dan khawatir, ini dia merk mobil terbaru 2016 hanya untu anda !Aneh bin Ajaib, ternyata ada mobil escudo loh,yuk cari tahu di sini spesifikasinya !

  1. Sebelum mengatur STB, pastikan di daerahmu sudah mendapatkan siaran TV digital. Pastikan pula antena UHF yang kamu gunakan sudah dalam posisi yang sesuai. Untuk memastikannya, kamu bisa mengecek lewat aplikasi sinyalTVdigital.
  2. Jika sudah, sambungkan STB ke TV dan STB ke antena dengan kabel RCA atau HDMI sesuai jenis TV.
  3. Sekarang, nyalakan TV analogmu dan arahkan ke mode sumber AV.
  4. Nyalakan STB lalu masukkan kode pos dan isi sesuai domisili.
  5. Untuk mencari siaran digital, masuk ke menu dan pilih ‘pencarian saluran secara otomatis’. Tunggu hingga pencarian selesai dan berbagai channel akan tersimpan secara otomatis.
  6. Selesai, sekarang kamu sudah bisa menikmati siaran TV digital hanya dari TV analog.

Sekian cara setting set top box agar tetap bisa menikmati siaran TV digital di TV analog. Selamat mencoba! yuk coba sekarang juga ya.

0 Komentar