Modal Sedikit Tapi Bisa Buat Set top Box Sendiri di Rumah Pakai Kit Modul! Begini Caranya

Modal Sedikit Tapi Bisa Buat Set top Box Sendiri di Rumah Pakai Kit Modul! Begini Caranya
Kit Set Top Box (Tokopedia)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Tidak perlu beli Set Top Box atau STB, sebab bisa membuat sendiri dengan menggunakan kit modul, loh.

Penggunaan STB bukan lagi hal yang aneh, mengingat siaran analog yang kini sudah teralihkan menjadi siaran digital. Pengalihan tersebut telah berlangsung secara merata hampir di seluruh wilayah Indonesia dan masih berproses hingga kini.

Tidak hanya menggunakan STB, namun bisa juga dengan membeli sebuah televisi baru yang sudah mendukung siaran digital. Sebenarnya tidak harus membeli yang baru, jika televisi lama di rumah telah mendukung tangkapan siaran digital.

Baca Juga:Mulai dari 50 Jutaan Hingga 90 Jutaan, Mobil Terbaik untuk Wanita Bisa Kamu Dapatkan, Ladies! Lihat RekomendasinyaMemori Lebar Tapi Harga HP Infinix Hot 12 Pro Gak Bikin Dompet Melebar! Intip Harga dan Spesifikasinya

Namun untuk membeli sebuah televisi baru, tentu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit sehingga pengguna televisi, bisa menggunakan STB. Kehadiran STB pun mudah di temui di manapun, baik di toko penjualan online maupun offline.

Dengan adanya STB, maka pengeluaran akan lebih minim karena alat tersebut di banderol dengan harga yang terjangkau, di bandingkan dengan membeli sebuah televisi baru. Bahkan, tidak perlu mengganti televisi lamanya karena masih bisa di gunakan.

Baik STB maupun televisi yang sudah mendukung siaran digital, keduanya bisa sama-sama di gunakan untuk menyiarkan siaran digital. Keduanya bisa di pilih sesuai dengan kebutuhan juga keinginan dari penggunanya.

Namun, selain membeli, rupanya Set Top Box bisa di buat sendiri dengan bermodalkan kit modul yang bisa di beli di toko penjualan online. Alat tersebut juga bisa di rakit sendiri dan caranya pun mudah.

Cara Membuat STB Sendiri

Melansir dari YouTube Marta An, berikut rangkaian caranya beserta alat yang di butuhkan.

1. Siapkan modul STB yang bisa di beli toko online, papan kayu, solatip atau double tape, dan kepala kabel bekas atau baru.

2. Potong papan kayu, untuk ukurannya sesuaikan dengan modul STB. Pasang solatip atau double tape pada sebelah kanan dan kiri, lalu lepaskan sisi perekatnya.

Baca Juga:HP Infinix Hot 11s Dilengkapi Fitur NFC dan Baterai Tahan Lama, Harga Mulai 1 Jutaan!Cuma Sejutaan, HP Ini Hadir dengan Chipset Gaming dan Baterai Tahan 3 Hari, Simak Spesifikasi Lain dari Infinix Hot 20i

3. Tempel modul STB di atasnya dan rekatkan dengan baik. Pasangkan kepala kabel bekas pada modul STB.

4. Kemudian, sambungkan kabel HDMI atau RCA ke port pada STB, lalu sambungkan ke televisi. Sambungkan juga kabel antena pada port STB.

Demikian, cara untuk membuat Set Top Box sendiri dengan menggunakan kit modul.

0 Komentar