Deklarasi Pemilu Damai 2024

0 Komentar

18 pimpinan partai politik se-Kabupaten Kuningan mengikuti deklarasi damai pemilu tahun 2024. Berikut isi dari 4 poin deklarasi yang diucapkan bersama para peserta pemilu mendatang.

Pimpinan partai politik  se-Kabupaten Kuningan mengikuti deklarasi damai pemilu tahun 2024.

Bertempat di aula KPU Kuningan Rabu 16 Agustus 2023, para peserta mendeklarasikan 4 poin kesepakatan, disaksikan KPU, Bawaslu, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, meliputi jajaran eksekutif Pemerintah Daerah, Kapolres, Dandim, Kepala Kejaksaan Negeri,  dan Ketua Pengadilan Negeri Kuningan.

Baca Juga:Poresta Cirebon Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024Tempat Pembuangan Sampah Terbakar

4 poin deklarasi tersebut adalah pernyataan peserta pemilu 2024, yang akan melaksanakan pemilu dengan damai dan kondusif, untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

Kemudian akan mematuhi dan mentaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku, serta menyelesaikan permasalah pemilu tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum.

Selanjutnya peserta pemilu menolak upaya-upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat, menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian, serta tidak menggunakan isu sara dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024.

Terakhir seluruh peserta sepakat akan menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif, di wilayah hukum Polres Kuningan.

Sebelumnya, Ketua KPU Kuningan Asep Z Fauzi memberikan sambutan, bersama sambutan Forkopimda, antara lain sambutan Bupati Acep Purnama, Dandim Letkol Infanteri Bambang Kurniawan, dan Kapolres AKBP Willy Andrian.

Sambutan dari Dandim 0615 Kuningan Letkol Infanteri Bambang Kurniawan sangat menarik disimak peserta deklarasi. Dandim menegaskan tidak akan segan dalam melakukan pencopotan alat peraga kampanye partai atau APK, yang dipasang di lahan milik TNI.

Tindakan tegas ini akan dilakukan Dandim, untuk menjaga netralitas tni di pemilu 2024, tidak berpihak pada partai atau kegiatan pemilu yang dilakukan partai tertentu.

Baca Juga:Kebakaran Kapal di Pelabuhan Jongor Tegal MeluasPangdam III Siliwangi Kunjungi Kediaman Aryanto Misel 

Sambutan lainnya terkait kamtibmas disampaikan Kapolres AKBP Willy Andrian. Kapolres optimis kepatuhan semua pihak pada deklarasi ini dapat mengahasilkan pemilu damai dan kondusif.

Kapolres optimis, karena belum lama ini masyarakat Kuningan di 94 desa, sukses menggelar pilkades serentak, dengan kondusif dan demokratis.

Acara deklarasi pemilu damai 2024 diakhiri dengan penandatanganan 4 poin deklarasi oleh seluruh pimpinan parpol, KPU, Bawaslu dan Forkopimda.

0 Komentar