Bagaimana Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal? Jangan Panik – Gini Caranya!

Bagaimana Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal? Jangan Panik - Gini Caranya!
Sumber: DOK. Shutterstock
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Mempunyai tv digital kini sebuah kebutuhan untuk hiburan di rumah. Namun, ada kalanya kita mengalami permasalahan. Ada sebuah pertanyaan: bagaimana cara mengatasi tv digital tidak ada sinyal?. Untuk menemukan jawabannya, yuk simak sampai habis!

Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal

Ada beberapa penyebab yang harus kamu ketahui ketika tv digital kalian tidak ada sinyal. Antara lain:

  • Antena berubah arah atau posisi.
  • Kabel antena rusak atau putus karena beberapa faktor.
  • Ada masalah dengan soket sambungan antara TV dan dekoder.
  • TV tunernya rusak.
  • IC Program rusak. 

Secara keseluruhan, faktor-faktor di atas adalah penyebab utama penurunan sinyal pada TV digital dan menghambat pengalaman menonton. Teknisi TV berpengalaman juga sering mengatakan hal ini saat memecahkan masalah serupa. 

Baca Juga:Buruan…! Cek Harga Set Top Box TV Digital Polytron – Hanya DisiniAuto Demen ! Liat Mobil Avanza Veloz – Harganya Segini Doang?

Bagaimana Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal?

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, sekarang ke solusi cara mengatasi tv digital yang tidak ada sinyal.

1. Ubah posisi antena

Yang pertama adalah mengubah posisi antena. Hal ini sering diperlukan karena antena bisa salah tempat atau tidak sejajar akibat kondisi cuaca atau burung hinggap. Pastikan untuk memeriksa dan memposisikan ulang antena.

2. Periksa kabel antena

Cara kedua adalah dengan mengecek kabel antena. Masalah kehilangan sinyal bisa disebabkan oleh kabel antena yang rusak atau putus akibat gigitan tikus atau faktor lainnya. Jika kabel antena rusak atau terlepas, ganti dengan kabel antena baru yang sesuai.

3. Periksa Jack

Cara ketiga melibatkan masalah dengan soket antena yang menghubungkan dari antena ke TV tuner. Pastikan konektor dalam kondisi baik atau bersihkan konektor jika terdapat karat atau sumbatan.

4. Periksa Tuner TV

Metode keempat adalah memeriksa status TV tuner. Pastikan tidak ada karat atau kotoran pada equalizer. Juga, solder ulang tab detektor jika perlu. Jika TV tuner rusak parah, solusinya adalah menggantinya dengan TV tuner analog.

5. Ganti IC program

Cara terakhir adalah dengan mengganti IC program yang bermasalah. Pastikan untuk mengganti IC yang benar agar mesin berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak yakin dapat menggantinya sendiri, hubungi teknisi servis profesional. 

0 Komentar