Pengguna Baru Jangan Bingung, Gini Nih Cara Mencari Channel di Set Top Box

Pengguna Baru Jangan Bingung, Gini Nih Cara Mencari Channel di Set Top Box
Mencari Channel di Set Top Box (Bukalapak)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Simak panduan untuk pengguna baru Set Top Box (STB) yang sedang kebingungan mencari channel. Dengan menggunakan langkah ini, maka pencarian channel bisa di lakukan dengan mudah.

Pemerintah beserta Kominfo telah cukup lama mengampanyekan mengenai penggunaan TV digital. Dengan peralihan menuju TV digital, maka siaran televisi menjadi lebih jernih, baik dari segi gambar maupun suara.

Adapun cara untuk bisa berpindah menjadi TV digital yaitu bisa dengan menggunakan STB ataupun dengan mempunyai televisi yang telah mendukung siaran digital. Penggunaan STB biasanya akan lebih praktis karena masyarakat tidak perlu mengganti televisi lamanya, apabila belum mendukung siaran digital.

Baca Juga:Televisi di Rumahmu Bisa Jadi Smart TV Berkat Bantuan Android TV Box! Simak Cara Memilihnya dan Rekomendasi TerbaikMau Nyantai Sambil Camping dengan Suasana Seperti di Negeri Atas Awan? Ayo, Cobain Nih Taman Langit Pangalengan

Untuk yang menggunakan Set Top Box, televisi yang di gunakan bisa dalam bentuk TV analog ataupun TV tabung. Dengan begitu, masyarakat hanya perlu membeli STB saja agar bisa menikmati siaran TV digital, dengan tambahan antena lama yang sudah pernah di gunakan. Misalnya berupa antena UHF.

Memiliki STB pun mudah. Sebagian masyarakat bisa mendapatkannya secara gratis dari Pemerintah, namun sebagian lagi tidak. Untuk yang bisa mendapatkan secara gratis yaitu bagi masyarakat yang terdaftar dalam DTKS Kemensos. Namun bagi yang tidak, maka bisa membelinya sendiri dengan harganya yang masih terjangkau.

Cara Mencari Channel di Set Top Box

Jika sudah membeli STB, silahkan untuk memulai memasangnya sambil melakukan pemidaian channel. Caranya yaitu matikan TV tabung lalu sambungkan STB dengan kabel antena melalui port ANT IN. Jika sudah tersambung, lalu sambung kabel RCA yang berwarna kuning, merah, dan putih ke STB dan TV tabung yang di sesuaikan berdasarkan warnanya.

Setelah langkah di atas selesai, kemudian pilih AV pada televisi dan akan muncul opsi untuk memasukkan kode pos. Kode pos yang di masukkan yaitu berdasarkan dengan alamat rumah. Lalu pilih opsi Pencarian Saluran dan Pencarian Otomatis untuk memulai pemindaian channel.

Proses pemindaian channel pun akan berlangsung dan tunggu prosesnya beberapa saat hingga benar-benar selesai. Jika proses sudah selesai, maka channel yang sudah di tangkap, dapat tersimpan secara otomatis.

0 Komentar