Ratusan Orang Terlibat Aksi Bersih-Bersih Sungai Kedung Pane

0 Komentar

Sungai kedung pane sepanjang 1 kilometer di Desa Sutawinangun Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, dibersihkan warga Minggu pagi. Berbagai unsur turut terlibat dalam aksi bersih sungai tersebut, mulai dari TNI, Polri, komunitas, hingga pemerintah daerah dan desa.

Unsur TNI-Polri, bersama komunitas masyarakat peduli sungai, Dinas Lingkungan Hidup, pemerintah desa serta berbagai elemen masyarakat, melakukan aksi bersih-bersih bertajuk karya bhakti gotong royong bersihkan sampah, di sungai kedung pane Desa Sutawinangun Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon Minggu pagi.

Tak tanggung-tanggung, radius aliran sungai yang dibersihkan dalam kegiatan ini berjarak 1 kilometer, dengan sedikitnya terdapat 500 orang yang terlibat.

Baca Juga:Biawak Pemangsa Kucing, Berakhir Masuk SumurPerbaikan Galian Lobang Jalan Pantura

Dandim 0620-Kabupaten Cirebon Letkol Infanteri Afriandy Bayu Laksono, memimpin langsung jalannya aksi yang baru pertama kali digelar tersebut, dengan dirinya meninjau titik-titik yang menjadi lokasi kerja bakti masyarakat.

Bayu mengungkapkan, pihaknya sudah bersepakat bersama unsur yang terlibat dalam kegiatan ini, akan terdapat aksi bersih-bersih sungai edisi selanjutnya, mengingat saat ini banyak sungai yang fungsinya semakin tidak normal.

Menurutnya dengan memperbaiki ekosistem sungai, dapat meningkatkan kualitas hidup, menguatkan ekonomi lokal, serta dapat berpotensi menjadi lokasi wisata.

Sementara itu, Kuwu Desa Sutawinangun Dias Fakhnuritasari menjelaskan, selain sungai kedung pane menjadi langganan banjir saat musim hujan, mengingat menjadi daerah aliran sungai yang hulunya berasal dari Kabupaten Kuningan, sungai kedung pane merupakan etalase Kabupaten Cirebon, karena lokasinya berbatasan dengan Kota Cirebon.

Diharapkan, melalui aksi bersih-bersih sungai, dapat mengunggah kesadaran masyarakat pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai, melainkan ke tempat pembuangan sampah yang telah disediakan

0 Komentar