Ratusan Warga Bersihkan Sungai Dan Merekondisi Mata Air

0 Komentar

Upaya merekondisi sebuah mata air di Kelurahan Tukmudal Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, dilakukan berbagai komunitas peduli lingkungan Minggu pagi. Mereka pun turut melakukan aksi bersih-bersih sungai, dengan sedikitnya terdapat 200 relawan yang terlibat.

200 orang relawan yang terdiri dari berbagai komunitas peduli lingkungan, dengan dibantu Dinas Lingkungan Hidup, BPBD dan BBWS Cimanuk Cisanggarung, melakukan aksi bersih-bersih sungai, serta merkondisi mata air tukbonan, yang berada di RT 01 RW 01 Kelurahan Tukmudal Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon Minggu pagi.

Dalam aksi bertajuk dibalik bening mat air tak pernah ada air mata tersebut, mereka bahu membahu membersihkan aliran sungai dan sebuah mata air, yang kondisinya cukup memprihatinkan, lantaran tidak pernah dibersihkan.

Baca Juga:Ratusan Orang Terlibat Aksi Bersih-Bersih Sungai Kedung PaneBiawak Pemangsa Kucing, Berakhir Masuk Sumur

Puluhan karung sampah terkumpul, dalam aksi yang berlangsung selama kurang lebih 5 jam tersebut. Sampah kemudian diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup, untuk dibawa ke tempat pembuangan sampah sementara.

Karang Taruna “Taruna Jaya”, bersama komunitas Riank Ghazebo Adventure yang menjadi pengagas kegaitan menuturkan, aksi ini sebagai bentuk keseriusan dalam menjaga ekosistem lingkungan, dan menjaga mata air sebagai sumber kehidupan.

Selain aksi bersih sungai dan rekondisi mata air, turut dilakukan sosialisasi membuat lubang resapan biopori, serta sedekah oksigen berupa pembagian bibit pohon gratis, bagi seluruh komunitas yang terlibat dalam kegiatan tersebut

0 Komentar