Hama Janda Pirang Terus Meluas

0 Komentar

Hama janda pirang, yang menyerang tanaman bawang merah, di Kabupaten Brebes, meluas menyerang 9 kecamatan yang ada, atau sekitar 181 hektar lahan tanaman bawang.

Hama janda pirang yang menyerang tanan bawang merah di Kabupaten Brebes, meluas menyerang sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes. Kesembilan kecamatan tersebut yakni Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung, Losari, Songgom, Ketanggungan, Larangan, dan Kecamatan Jatibarang.

Anggota Komisi II DPRD Brebes, Mustolah, meminta kepada Pemkab Brebes, untuk segera melakukan penanganan supaya hama janda pirang tidak meluas. Pasalnya, petani harus panen dini karena kahwatir gagal panen. Kondisi ini diperparah dengan harga bawang merah yang semakin terpuruk.

Baca Juga:6 Ruas Jalan Di Kuningan Bakal Mulus Di 2024Harga Beras Dipasaran Masih Tinggi 

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Brebes, Yulia Hendrawati, mengungkapkan, bahwa tanaman bawang merah yang diindikasikan diserang hama janda pirang, diduga akibat musim kemarau yang berkepanjangan, hingga membuat daun bawang merah digerogoti serangga dan jamur.

Yulia menambahkan. Pihak kementerian pertanian dan IPB, telah melakukan pengecekan dan membawa sampel untuk dilaksanakan pemeriksaan di laboratorium.

Diakui, hingga saat ini belum ada solusi untuk melakukan penanganan, karena masih dilakukan pemeriksaan smapel daun bawang. Pemerintah hanya menghimbau kepada petani untuk sementara waktu tidak melakukan penamanan, supaya tanah di lahan persawahan steril sampai diketahui penyebab pasti tanaman bawang terkena hama janda pirang

0 Komentar