Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis Bantuan untuk TV Digital Harus Memenuhi Persyaratan yang Sudah Ada: Cek Hal yang Harus Dipersiapkan

katakepri.com
katakepri.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan set top box gratis bantuan untuk tv digital dari pemerintah. Saat ini memang pemerintah sudah menyiapkan piranti set top box (STB) untuk di bagikan secara gratis.

Pembagian stb secara gratis ini tentunya harus memenuhi syarat, syarat utamanya ini ialah bagi masyarakat yang tidak mampu. Melalui bantuan STB gratis ini, masyarakat yang masih memiliki TV analog tidak perlu mengganti televisi baru. Jadi, cukup memasang alat ini kamu bisa langsung menonton siaran digital.

Hal awal bagi masyarakat yang ingin memperoleh bantuan STB, mereka harus masuk dalam DTKS Kemensos. Setidaknya dalam 1 keluarga harus memiliki satu unit TV analog. Apabila kamu ingin memiliki stb gratis, siapkan nomor induk kependudukan (NIK) e-KTP dan kartu keluarga. Berikut cara mendapatkan set top box gratis bantuan untuk tv digital dari pemerintah.

Baca Juga:Mampu Menyaingi Ponsel Lipat Sekalas Samsung! Kini Sudah Hadir Huawei Mate Xs 2 Lipat dengan Layar Lebar Fitur Canggih: Harga Cek di SiniSaatnya Manjakan Mata Kamu dengan Tampilan Layar Huawei Matepad SE – Segera Ketahui Harga dan Spesifikasinya

Syarat Mendapatkan Set Top Box TV Digital Kominfo

Pastinya untuk bisa mendapatkan stb gratis ini, kamu hasus Warga Negara Indonesia (KTP) dan tergolong rumah tangga miskin dan mempunyai televisi (KK sebagai pelengkap). Selanjutnya harus terdaftar dalam DTKS Kemensos atau data perangkat daerah di bidang sosial.

Kemudian lokasi penerima bantuan harus berada dalam cakupan yang terdampak ASO. Proses distribusi ini memang di lakukan secara door to door. Dalam distribusi STB tersebut, Kementerian Kominfo menggandeng pihak ketiga. Dalam proses distribusinya di mulai dengan pengiriman logistik STB ke gudang penyelenggara TV digital di 341 kabupaten/kota.

Nantinya kamu sebagai penerima akan melakukan verifikasi dan validasi data penerima bantuan berdasarkan KTP, kartu keluarga, dan kepemilikan TV. Tahap berikutnya serah terima STB sekaligus memasang perangkat sampai bisa berfungsi dengan baik.

Apabila stb sudah terinstal, nantinya akan muncul kode batang (QR code) pada layar televisi. Petugas lalu memindai QR code tersebut melalui aplikasi WhatsApp dan menginput nama, NIK/KK, alamat, serta memfoto penerima bantuan dan KTP.

Cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital Kominfo

Untuk kamu yang ingin mendapatkan stb tv digial kominfo secara gratis, siapkan nomor induk kependudukan (NIK) e-KTP dan kartu keluarga (KK). Pemberian alat ini masuk kategori bantuan sosial (bansos). Kamu bisa mendaftar bansos online dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos di aplikasi PlayStore.

Lalu, dari menu usulan tersebut bisa mendaftarkan diri kamu yang namanya sudah terdaftar di DTKS Kemensos. Kemudian, pada menu daftar usulan tadi silakan pilih menu tambah usulan. Selanjutnya dengan NIK KTP dan KK kamu, sistem akan memvalidasi serta mencocokkan data kamu.

Apabila nama kamu sudah tervalidasi, selanjutnya kamu bisa memilih jenis bansos yang akan di ajukan. Salah satunya adalah pemberian alat STB gratis.

Baca Juga:Mampu Menghasilkan Suara dengan Kualitas Terbaik, Intip Ulasan Spesifikasi Speaker Aktif Sharp 15 inch: Cek Harganya SekarangBisa Mempermudah Kamu untuk Mendengarkan Musik, Ini Dia Harga Speaker Aktif Hardwell 15 inch Fitur Canggih dan yang Bikin Kamu Terpana

Nah, itu tadi cara mendapatkan set top box gratis bantuan untuk tv digital dari pemerintah.

***

0 Komentar