Berkunjung ke Lombok Saat Liburan? Wajib Cicipi 3 Kuliner yang Menggugah Selera Ini!

sumber dari: https://endeus.tv/resep/ayam-taliwang
sumber dari: https://endeus.tv/resep/ayam-taliwang
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Berkunjung ke Lombok saat liburan menjadi salah satu pilihan yang menarik. 

Lombok bukan hanya menyuguhkan wisata alam, budaya, namun juga kuliner yang bisa menggugah selera. 

Kali ini kami akan rekomendasikan 3 kuliner yang layak di cicipi saat berkunjung ke Lombok di lansir dari laman Indonesia Travel. 

Baca Juga:Ini Dia Resep Membuat Donat Kentang yang Empuk dan Mengembang tanpa Menggunakan Ragi dan Oven dengan Bahan yang SeerhanaEpisode 5 Spy X Family Season 2, Misi Terakhir Yor Sebagai Princess Thorn?

1. Ayam Taliwang

Kuliner pertama yang cocok di cicipi saat berwisata ke Lombok adalah ayam taliwang. Makanan satu ini terkenal kaya akan rempah dan bumbu pedas yang lezat sehingga banyak wisatawan yang jatuh cinta dengan cita rasanya. 

Makanan yang menjadi khas Pulau Lombok ini ternyata pertama kali muncul ketika terjadi perang antara Kerajaan Selaparang dan Kerajaan Karangasem Bali, lho!

Awalnya ayam taliwang ini terbuat dari ayam kampung yang di masak dengan aneka bumbu rempah. 

Rempah-rempah yang di gunakannya untuk memasak ayam taliwang berasal dari suku Sasak asli.

Suku Sasak sendiri terkenal dengan cita rasa pedas sehingga wajar jika ayam taliwang juga memiliki rasa khas tersebut. 

Bumbu rempah yang di gunakan saat memasak ayam taliwang terbuat dari cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam.

Ayam taliwang akan lebih komplit jika di sajikan bersama menu khas Lombok yang lain yaitu plecing kangkung dan beberuk terong.

Baca Juga:Fakta Menarik Mikasa Ackerman, Karakter Wanita Terkuat di Attack on Titan!Real Madrid Gagal Kembali Ke Puncak Klasemen Usai Di Tahan Imbang Oleh Rayo Vallecano Dengan Skor 1 – 1, Barcelona Kembali Memantau Dari Posisi 3

2. Sate Bulayak

Menu kedua yang bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke Lombok adalah sate bulayak.  Makanan satu ini ternyata merupakan kuliner khas suku Sasak yang satu ini, lho!

Dalam satu porsi sate bulayak terdapat 3 varian sate yang berbeda yaitu daging sapi, usus sapi, dan daging ayam. 

Bulayak dalam bahasa setempat memiliki arti sama seperti lontong, hanya saja di kemas dengan daun aren dan berbentuk kerucut.

Tekstur dari bulayak sendiri lembut dan tercipta rasa gurih yang berasal dari daun aren. 

Bumbu yang digunakan untuk sate bulayak berbeda dari sate pada umumnya, bumbu sate bulayak tidak menggunakan kacang tanah.

3. Nasi Balap Puyung

Kuliner ketiga yang bisa di cicipi di lombok adalah nasi balap puyung. Nama dari makanan ini sendiri merujuk pada daerah asalnya yaitu Kampung Puyung yang memiliki tampilan hampir sama dengan nasi rames.

Ciri khas nasi balap puyung yaitu di sajikan di atas piring anyaman rotan yang di alasi dengan kertas nasi dan di gunting menyerupai bunga. 

Cita rasa dari makanan satu ini pun akan membuat selera Anda tergugah dengan kekhasan pedasnya.

Nah itulah 3 rekomendasi kuliner yang menggugah selera yang bisa di jadikan pilihan saat berkunjung ke Lombok. Tertarik mencobanya?

0 Komentar