Bikinnya Gampang Gak Bikin Dompet Kering Kerontang! Resep Matcha Latte Ala-ala Cafe Ini Bisa Jadi Penyelamat Dahaga dan Dompetmu

Bikinnya Gampang Gak Bikin Dompet Kering Kerontang! Resep Matcha Latte Ala-ala Cafe Ini Bisa Jadi Penyelamat Dahaga dan Dompetmu
Resep Matcha Latte (Wandercooks)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bagi yang senang makan di cafe ataupun resto, matcha menjadi salah satu pilihan yang biasanya muncul di daftar menu. Namun kini untuk menikmatinya, tak perlu lagi repot-repot ke cafe atau resto. Cukup bikin sendiri saja salah satu resep dari matcha yaitu matcha latte yang akan di infokan di sini.

Apa Itu Matcha?

Dari info yang di dapatkan yang berasal dari seorang pakar teh bernama Ratna Somantri, matcha merupakan teh hijau bubuk dari Jepang. Pengolahannya di buat dari teh khusus dan dengan menggunakan metode khusus.

Di Jepang, dalam menanam daun teh ada dua cara. Ada yang menggunakan sistem tanam secara terbuka (terkena sinar matahari) dan sistem tanam secara tertutup. Pada sistem tanam secara tertutup itulah yang rupanya dapat menghasilkan teh berkualitas.

Baca Juga:Kira- kira Antara Teh Hijau dan Matcha, Sama atau Beda Ya? Cari Tahu Jawabannya di SiniBenarkah Teh Hijau Dapat Menurunkan Berat Badan? Cek Faktanya di Sini

Pada hasil tanam dengan sistem tertutup, akan menghasilkan rasa dan aroma yang unik. Bahkan warnanya pun lebih cantik. Teh tersebut akan di namakan tencha dan gyokuro yang kemudian akan di tumbuk menjadi bentuk bubuk atau disebut sebagai matcha.

Lalu, untuk menyajikannya saat Dinasti Song, teh dalam bentuk bubuk ini di sajikan dengan cara mengocok bubuk teh di cawan. Konon, cara penyajian ini, masih di pertahankan dalam sebuah tradisi upacara minum teh.

Matcha pun akhirnya populer di dunia jika di banding dengan teh lainnya seperti gyokuro. Pasalnya, matcha dapat di olah menjadi bentuk olahan apapun, baik makanan maupun minuman.

Resep Matcha Latte

Berikut ini, ada salah satu olahan matcha yang mungkin kamu suka dan kerap kamu beli saat di cafe atau resto. Cara membuatnya mudah, simak bahan dan juga cara membuatnya seperti yang di lansir dari YouTube Indonesian Simple dari resep Ade Koerniawan.

Bahan :

  • 2-3 sdm bubuk matcha
  • 200 ml air panas
  • 6 sdm susu kental manis
  • 3 sdm krimer
  • 2 sdm gula pasir
  • Es batu

Cara Membuat :

  • Siapkan 200 ml air panas ke dalam sebuah wadah. Kemudian, masukkan bubuk matcha dan campur hingga merata.
  • Tambahkan susu kental manis dan aduk merata. Perlu di ketahui, perbandingan antara susu kental manis dan bubuk matcha yakni 2:1.
  • Lalu, tambahkan krimer dan aduk hingga merata. Lalu tambahkan juga gula pasir dan aduk hingga merata.
  • Jika sudah, siapkan gelas dan masukkan ke dalam gelas semua bahan yang sudah di campur. Jangan lupa tambahkan es agar lebih segar.
  • Demikian mengenai resep matcha latte dan minuman pun siap di sajikan.
0 Komentar