Kira- kira Antara Teh Hijau dan Matcha, Sama atau Beda Ya? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Kira- kira Antara Teh Hijau dan Matcha, Sama atau Beda Ya? Cari Tahu Jawabannya di Sini
Teh Hijau dan Matcha (Flickr/ Repbublika)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Banyak yang menganggap sama namun tak sedikit juga yang menganggapnya berbeda. Jadi, apakah teh hijau dan matcha sebenarnya adalah hal yang sama atau hal yang berbeda, ya?

Keduanya memang populer karena banyak di konsumsi oleh sejumlah orang. Apalagi matcha, yang kini tengah menjadi menu di berbagai cafe atau restoran yang kerap di tambahkan dengan berbagai campuran lainnya seperti susu, kopi dan lain-lain.

Jika berdasarkan berbagai informasi yang di dapatkan, perbedaan yang paling terlihat dari keduanya yaitu pada bagian pemrosesan. Walaupun, konon di katakan jika keduanya sama-sama menggunakan bahan yang sama dalam pengolahan atau proses pembuatannya.

Baca Juga:Benarkah Teh Hijau Dapat Menurunkan Berat Badan? Cek Faktanya di SiniKonsumsi Teh Hitam dengan Benar, Rupanya Bisa Memberi Banyak Manfaat! Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan, Loh

Keduanya sama-sama berasal dari tanaman Camellia sinensis. Hanya saja, saat proses pengolahan dan bentuknya dalam menjadi produk akhir lah yang berbeda.

Teh hijau berbentuk daun teh yang di seduh dengan bentuknya yang di kemas dalam kantong. Sedangkan matcha, memiliki bentuk bubuk yang halus yang berasal dari daun teh yang di haluskan.

Perbedaan Teh Hijau dan Matcha

Pada pengolahan teh hijau, akan di tanam di bawah snar matahari dan pengeringannya pun menggunakan artisanal. Lalu, secara warna ketika di seduh, akan menghasilkan warna hijau yang lebih jernih.

Kemudian untuk mengonsumsinya yakni dengan menyeduhnya di air panas karena biasanya akan berbentuk kantung. Sementara soal rasa, rasanya akan sedikit pahit di lidah.

Berbeda dengan matcha. Dalam prosesnya dan kandungan produk akhirnya, matcha telah melewati proses ekstraksi dengan lebih hati-hati. Bahkan dalam menanam daun tehnya pun di tempat yang teduh dan tidak terjamah dengan sinar matahari langsung.

Lalu ketika panen, daun teh akan di keringkan dan di pisahkan dari urat dan batangnya. Kemudian, daunya akan di tumbuk hingga menjadi bubuk dan inilah yang menjadi produk akhirnya.

Warnanya ketika di seduh akan nampak pekat karena kandungan klorofilnya yang lebih tinggi. Lalu untuk mengosumsinya yakni campurkan dengan beberapa bahan seperti susu, gula ataupun kopi. Rasanya pun sedikit lebih manis jika di banding dengan teh hijau.

Baca Juga:Mengapa Setelah Makan Tidak Boleh Minum Teh? Ternyata Ini AlasannyaKenali Minuman Teh India Masala Chai dan Simak Cara Membuatnya

Kemudian untuk kandungan kafein dan antioksidan antara matcha dan teh hijau, matcha memiliki kandungan kafein dan antioksidan yang lebih banyak. Itulah kurang lebih perbedaan mengenai keduanya.

0 Komentar