Jenis-Jenis Sleeping Bag untuk Camping dan Fungsinya: Temukan yang Tepat untuk Petualanganmu di Alam Terbuka

Jenis-Jenis Sleeping Bag untuk Camping dan Fungsinya: Temukan yang Tepat untuk Petualanganmu di Alam Terbuka
sleeping bag camping: studimsam.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Sleeping bag, kantong tidur berbentuk kepompong, pasti sudah tidak asing lagi bagi mereka yang suka mendaki gunung atau camping. Apa jenis sleeping bag yang ada dan apa fungsinya?

Seiring berkembangnya teknologi, sleeping bag juga turut berkembang. Mulai dari bahan yang semakin bagus hingga bentuknya yang semakin baik untuk mendukung kegiatan di luar ruangan.

Sleeping Bag adalah Kantung untuk Tidur

Menurut buku Panduan Teknis Pendakian Gunung oleh Hendri Agustin (2020), sleeping bag adalah perlengkapan yang harus di miliki pendaki selama camping atau pendakian. Sleeping bag berfungsi sebagai alas tidur dan juga sebagai pelindung tubuh.

Baca Juga:Rekomendasi Tempat Glamour Camping Bogor: Gabungkan Kemewahan dan Keindahan AlamJadi Chef di Alam Terbuka: Macam Macam Alat Masak Camping yang Akan Membuat Pengalaman Memasakmu Semakin Seru!

Saat ini ada beberapa jenis sleeping bag, jenis-jenis sleeping bag sendiri di bagi berdasarkan bentuk dan bahan untuk membuatnya. Berdasarkan bentuknya sleeping bag di bagi menjadi tiga, yaitu:

1. Sleeping Bag Rectangle

Sleeping bag rectangle merupakan jenis sleeping bag atau kantung tidur yang berbentuk persegi panjang dan menyerupai tikar. Umumnya memiliki bentuk yang lumayan luas dan memberikan ruang gerak yang lebih leluasa saat di gunakan.

Meski lumayan luas, ada beberapa kelemahan dari kantung tidur jenis ini. Salah satu kelemahannya adalah daya insulasi yang rendah jika di bandingkan dengan kantung tidur yang lainnya.

2. Sleeping Bag Tappered

kantung tidur jenis ini adalah kantung tidur yang bentuknya menyerupai kepompong. Karena desainnya seperti kepompong maka kantung tidur ini tidak seluas kantung tidur jenis sebelumnya.

Akan tetapi karena bentuknya yang lebih kecil dan hanya muat untuk satu orang saja maka kelebihannya adalah daya insulasinya yang cukup baik. Sehingga kantung tidur ini cocok untuk pendakian yang cukup tinggi.

3. Sleeping Bag Mummy

Jenis terakhir adalah sleeping bag atau kantung tidur jenis mummy. Kantung tidur ini merupakan kantung tidur yang press body dan paing cocok untuk melakukan pendakian gunung tinggi.

Sleeping bag jenis ini memiliki bentuk yang unik karena semakin ke bawah bentuknya akan semakin kecil mengikuti bentuk tubuh manusia. Terkait dengan daya insulasi tentunya kantung tidur ini jadi yang paling baik.

Baca Juga:Glamping Seru di Jogja: Rekomendasi Camping Glamour yang Hits Menawarkan Pengalaman Menginap yang Berbeda!Tempat Kemah di Bogor, Sangat Seru untuk Mengisi Akhir Pekan Kamu!

Terkait dengan fungsi dari sleeping bag sendiri, fungsi utamanya adalah menghangatkan badan pada saat tidur. Karena tidak jarang saat camping suhu bisa sangat dingin.

Sleeping bag adalah kantung untuk tidur yang fungsi utamanya adalah menjaga tubuh agar tidak kedinginan. Alat ini wajib di bawa saat camping atau mendaki gunung.

0 Komentar