Candu Banget Buat Anak Anak Sampai Dewasa Ini Dia Efek Dari Game Online !

Candu Banget Buat Anak Anak Sampai Dewasa Ini Dia Efek Dari Game Online !
Candu Banget Buat Anak Anak Sampai Dewasa Ini Dia Efek Dari Game Online !
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- efek dari game online saat ini sudah banyak dan juga banyak sekali hal negatifnya nya cuman tidak semua orang tahu.

Dampak seseorang yang mengalami kecanduan terhadap video atau permainan berbasis internet (game online) sangat besar.

Seseorang yang mengalami adiksi, di samping mengalami keluhan secara fisik juga mengalami perubahan struktur dan fungsi otak.

Baca Juga:Sangat Mudah Bunda. Yuk Membuat Tahu Bulat Di Rumah !Pasti Anak Anak SukaDibuang Sayang Bunda, Tahu Dalam Kulkas ! Bikin Bakso Tahu Enak Saja Di Rumah !

Demikian pernyataan salah seorang praktisi kesehatan jiwa, dr. Kristiana Siste, SpKJ(K) saat di temui dari Departemen Psikiatri FK UI RSCM, Senin petang (2/7).

“Struktur dan fungsi otaknya mengalami perubahan. Jadi, kalau kita lihat otaknya pake MRI, ada perubahan di bagian otak pre-frontal cortex”, tutur dr. Siste.

Gangguan pada bagian otak tersebut mengakibatkan orang yang mengalami suatu ketergantungan atau kecanduan kehilangan beberapa kemampuan/fungsi otaknya.

antara lain fungsi atensi (memusatkan perhatian terhadap sesuatu hal), fungsi eksekutif (merencanakan dan melakukan tindakan) dan fungsi inhibisi (kemampuan untuk membatasi).

Adanya perubahan otak membuat dirinya sulit mengendalikan perilaku impulsive. Sering pasien bilang sama saya, udah bosen main (game) tapi gak bisa berhenti.

Karena memang otaknya sudah berubah, fungsi otak yang berfungsi untuk menahan perilaku untuk tidak impulsive itu sudah terganggu.

Padahal dia sendiri sudah tidak menikmati, tapi tidak bisa berhenti karena kehilangan kontrol tadi”, terangnya.

Salah satu contohnya adalah di karenakan terbiasa untuk mendapat reward cepat seperti yang di dapatkan pada saat bermain game, mereka menjadi susah menunda keinginan.

Baca Juga:Saat Pusing Melanda Bukan Hanya Ayam Geprek tapi Coba Deh Resep Bebek Rica Rica ! Mantep Tenan !Bukan Hanya Buat Masak Bunda Tapi Memberikan Manpaat Bagi kesehatan kita,Simak di sini.

Selain berperilaku impulsive, bisanya orang yang kecanduan video/game online kehilangan fokus saat mengerjakan sesuatu sehingga berdampak pada prestasi dan produktivitasnya.

Emosi yang tidak stabil juga seringkali berdampak buruk pada hubungan relasinya. Sehingga sebagian besar para pecandu video/game online menunjukkan sikap yang anti-sosial.

Sementara itu, dari sisi kesehatan, seringkali mengalami gangguan tidur sehingga mempengaruhi sistem metabolisme tubuhnya, sering merasa lelah (fatigue syndrome), kaku leher dan otot, hingga Karpal Turner Syndrome.

Selain itu, kecenderungan sedentary life dan memprioritaskan bermain game di bandingkan aktifitas utama lainnya (misalnya makan).

membuat para pecandu game online mengalami dehidrasi, kurus atau bahkan sebaliknya (obesitas) dan berisiko menderita penyakit tidak menular (misalnya penyakit jantung).

“Dalam kasus-kasus tertentu (kecanduan judi online) dampak kerugian ekonomi juga cukup besar”, imbuhnya.

maka dari itu kita sebagi orang tua kita harus mengingatkan bahwa efek dari game online itu sangat

berbahaya,semoga kita bisa membimbing anak kita tidak untuk main game online terus.

0 Komentar