Bahaya Minuman Bersoda bisa Mengganggu Kesehatan Hati !

Bahaya Minuman Bersoda bisa Mengganggu Kesehatan Hati !
Bahaya Minuman Bersoda bisa Mengganggu Kesehatan Hati !
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Bahaya minuman bersoda sering tidak di sara oleh banyak orang dan meneguk minuman bersoda memang menyegarkan. Namun Anda perlu hati-hati, ada banyak bahaya minuman bersoda yang perlu di ketahui.Salah satunya adalah diabetes, sebagaimana yang dialami aktris Suti Karno. Pemeran Atun dalam sinetron Si Doel ini mengaku bahwa dulunya hampir setiap hari ia meminum minuman bersoda tanpa di imbangi asupan air putih yang cukup.

Padahal, soda sejatinya tak bisa di jadikan pengganti air putih sebagai pengusir dahaga karena bisa berdampak buruk untuk tubuh.

Gara-garanya kandungan gula dan zat-zat buatan lainnya yang ada di dalam minuman bersoda.

Baca Juga:Sepotong Tahu memiliki Kandungan Gizi yang Bisa Pencegahan kanker payudara !Himbawan bagi Anak Kost ! Manpaat Telur Ayam bagi Kesehatan,Simak di Sini Ya dek.

1. Diabetes dan sindrom metabolikMengutip Healthline, minum satu kaleng soda secara rutin dapat dengan peningkatan risiko diabetes tipe dua.

Kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda membuat pankreas harus menghasilkan lebih banyak insulin untuk menghilangkan glukosa dari aliran darah. Kadar insulin pun meningkat hingga memicu terjadinya resistansi insulin.

Resistansi insulin merupakan penyebab utama di balik sindrom metabolik atau batu loncatan menuju di abetes tipe 2 dan penyakit jantung.

2. Merusak gigiMinuman bersoda mengandung asam fosfat dan asam karbonat. Dua senyawa itu meningkatkan asam di dalam mulut yang membuat gigi rentan membusuk.

Kombinasi soda dengan gula juga dapat membuat kerusakan gigi semakin parah.

3.Merusak ginjal

Soda juga dapat membahayakan ginjal, terutama jika Anda seorang wanita yang meminum lebih dari satu botol minuman bersoda setiap hari.

Hal ini di temukan dalam sebuah studi. Kelompok wanita yang meminum lebih dari satu botol minuman bersoda setiap hari mengalami penurunan fungsi ginjal 30 persen lebih besar di bandingkan mereka yang tidak mengonsumsi minuman bersoda.

4.Kesehatan hati tergangguOrgan hati terlibat langsung dengan metabolisme gula dari minuman bersoda. Pemanis utama dalam soda, yakni sirup jagung fruktosa yang tinggi meningkatkan produksi lemak di hati.

Baca Juga:Harga Murah tapi Kaya akan Manpat “Yuk Simak Manpaat Tempe bagi Kesehatan”Kolesterol Naik ?? Jangan Jangan abis Makan Sate kambing “Ini dia Bahaya Sate Kambing Jika di Makan Berlebih “

Hal ini berarti minum soda setiap hari dapat meningkatkan jumlah lemak yang di produksi di hati. Kondisi ini bisa memicu penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) atau di sebut perlemakan hati.

5.Membuat tulang rapuhSelain gigi, soda juga dapat membahayakan kesehatan tulang. Ahli nutrisi mengatakan bahwa minuman bersoda dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

Banyak dari minuman bersoda mengandung fosfor yang meningkatkan ekskresi kalsium dari urine.

Selain itu, kafein dalam minuman bersoda dapat mengganggu penyerapan kalsium dan menyebabkan pengeroposan tulang jika sering di minum,nah itu dia beberapa bahaya yang di sebabkan oleh minuman bersoda.

0 Komentar