Ada 4 Hari Besar yang di Peringati Pada Tanggal 4 Desember, Apa Saja yaa? Yuk Simak di Sini!

4 Desember/iStock
4 Desember/iStock
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Tanggal 4 Desember memiliki banyak perayaan penting. Lantas, hari ini, 4 Desember, ada hari peringatan apa saja?

Senin adalah hari di mana tanggal 4 Desember jatuh, yang merupakan pekan kedua yang berada di bulan Desember.

Hari ini adalah hari peringatan nasional dan internasional. Hari Artileri Nasional adalah peristiwa penting, tetapi hari ini juga merayakan hari peringatan lainnya.

Baca Juga:Makna Majas Hiperbola: Puncak Ekspresi Bahasa yang BerlebihanTrailer Godzilla x Kong : The New Empire Kapan Tayang Ya? Dua Monster Ikonik Bekerja Sama Melawan Ancaman Besar

Berikut ini adalah beberapa peristiwa penting yang di peringati pada 4 Desember, bersama dengan penjelasannya.

Hari Artileri Nasional

Di kutip dari detikNews, Hari Artileri Nasional di peringati pada tanggal 4 Desember setiap tahunnya. Hari Artileri Nasional di tetapkan sebagai hari peringatan nasional oleh Komandan Diklat TNI Angkatan Darat. Tanggal ini di tetapkan sebagai Hari Artileri Nasional berdasarkan peresmian Markas Artileri pertama di Indonesia pada 4 Desember 1945. Tahun ini menandai peringatan ke-78 tahun Hari Artileri Nasional sejak di resmikannya Markas Artileri Indonesia pertama kali sejak 4 Desember 1945. Selain itu, tanggal 4 Desember juga di peringati sebagai Hari Korps TNI AD. Seiring perkembangan peringatan tersebut zaman berubah menjadi Hari Korps Armed TNI AD.

Hari Bank Internasional

Menurut situs National Today, Hari Bank Internasional di peringati setiap tahun pada 4 Desember. Hari ini di peringati sebagai pengakuan atas peran penting bank dalam memberikan informasi keamanan keuangan kepada masyarakat. Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadopsi Hari Bank Internasional. Pengadopsian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan fungsi yang dapat di mainkan oleh bank pembangunan internasional dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

Hari Konservasi Satwa Liar Sedunia

Tanggal 4 Desember juga di peringati sebagai Hari Konservasi Satwa Liar Sedunia, seperti yang di kutip oleh National Today. Tahun ini di peringati untuk meningkatkan kesadaran tentang pelestarian ekosistem alam yang terancam punah di Bumi. Campur tangan manusia telah membuat ekosistem alam di seluruh dunia menjadi lebih buruk daripada yang pernah mereka alami. Banyak orang membuka lahan untuk bertani, menebang hutan untuk membuat kapal, dan mulai berburu dan menjebak untuk mendapatkan uang.

Perburuan satwa liar sekarang menjadi hal biasa, meskipun sebenarnya ini adalah penyebab utama penurunan populasi satwa liar di seluruh dunia. Salah satu cara untuk memperingati Hari Konservasi Satwa Liar Sedunia adalah dengan menyebarkan berita atau memberi tahu orang lain tentang konservasi satwa liar. Selain itu, hari ini juga dapat di peringati dengan memberikan donasi kepada World Wildlife Fund (WWF), yang akan di gunakan untuk membantu pelindung satwa liar mendapatkan pengetahuan dan sarana untuk mempertahankan habitat mereka.

Hari Noken Sedunia

Sebagaimana di laporkan oleh situs Kementerian Keuangan RI, 4 Desember juga di peringati sebagai Hari Noken Sedunia. Peringatan ini bertepatan dengan penetapan UNESCO noken Papua sebagai warisan budaya tak benda pada 4 Desember 2012 lalu. Noken Papua adalah kerajinan tradisional orang Papua yang berguna dan tahan lama yang dapat membawa barang berat seperti hewan, kayu bakar, dan anak kecil untuk mendaki dan turun bukit. Para wanita Papua membuat noken dengan menggunakan bahan alam seperti serat pohon, kulit kayu, atau daun yang diproses menjadi benang. Selanjutnya, benang di ikat atau di anyam menjadi tas.

0 Komentar