Banyak ODGJ Terlantar

0 Komentar

Banyaknya orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di wilayah kabupaten khususnya bagian timur, membuat penggiat sosial berusaha mengumpulkan mereka dan dicari tahu keberadaannya. Namun disisi lain bagi mereka yang tidak memiliki keluarga namun ada harapan untuk sembuh, membuat pemerintah gebang berusaha mengusulkan yayasan panti rehabilitasi ODGJ.

Pemerintah Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, berencana akan membangun panti rehabilitasi bagi ODGJ di wilayah Desa Kalimaro Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Panti rehabilitasi ODGJ tersebut akan bekerja sama penggiat sosial ODGJ asal Cirebon Timur.

Camat Gebang Iman Santoso mengatakan, setelah para ODGJ ini dicari keberadaan keluarganya, tidak cukup sampai dibersihkan saja namun harus juga ada tindak lanjut. Pasalnya, pihak keluarga mereka yang mayoritas mengalami keterbatasan ekonomi membuat para ODGJ kembali lepas dari pantauan keluarga.

Baca Juga:UGJ Gelar Seminal Nasional Mental Health dan Self DevelopmentPedas Dan Gurihnya Cilok Kuah

Dirinya memiliki niatan, dibantu dengan unsur Muspika Gebang dan para kuwu di wilayah kerjanya, agar di Kecamatan Gebang ini ada suatu panti rehabilitas bagi para ODGJ. Tidak hanya yang keluarganya dekat, namun juga bagi ODGJ yang memiliki harapan sembuh namun tidak ada keluarga yang mengakuinya.

Sementara, jika dibangun nantinya, bentuknya yayasan amal sejahtera khususnya yang menangani rehabilitasi ODGJ. Dengan adanya panti rehabilitasi tersebut, dapat berkesinambungan pembinaan bagi ODGJ mulai dari dibersihkan kemudian didik hingga kembali menjadi manusia normal pada umumnya

0 Komentar