Bukan Hanya Daunnya Saja, Biji Kelor Juga Memiliki Beragam Manfaat! Simak Apa Saja Manfaatnya

Bukan Hanya Daunnya Saja, Biji Kelor Juga Memiliki Beragam Manfaat! Simak Apa Saja Manfaatnya
Manfaat Biji Kelor (rvnexport.com/ idntimes)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Biji kelor merupakan bagian dari tanaman kelor yang memiliki beragam manfaat. Manfaatnya mungkin tidak sepopuler daunnya, namun kelor di kenal sebagai miracle tree karena memiliki manfaat dari daun hingga bijinya.

Dalam bijinya, terdapat berbagai kandungan nutrisi. Seperti serat, kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, vitamin E, antioksidan dan lain-lain. Di balik kandungan nutrisinya itu, beberapa hidangan makanan dan minuman dapat di olah menjadi berbagai bentuk olahan.

Berdasarkan info yang di dapatkan, biji kelor dapat di olah menjadi sayur asem atau sayur klentang, tempe, biskuit, hingga dapat di campurkan ke dalam minuman seperti smoothies. Lalu, apa saja manfaat yang di kandung? Simak penjelasan lengkapnya.

Baca Juga:Simak Referensi Berbagai Santapan Lezat dari Olahan Daun Kelor, Bisa Jadi Sayur Bening Hingga PudingKaya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh Hingga Wajah, Simak Cara Membuat Masker Daun Kelor untuk Perawatan Wajahmu dengan Cara Alami

Manfaat Biji Kelor

Berikut ini beberapa manfaatnya berdasarkan dari informasi yang di dapatkan.

Menurunkan Gula Darah – Kadar gula yang tinggi di dalam darah, dapat berujung pada penyakit diabetes. Untuk menurunkannya, bisa menggunakan biji kelor karena terdapat kandungan zat isothiocyanate pada biji dan daunnya. Namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai keefektifannya.

Dapat Menjadi Obat Asma – Berdasarkan penelitian, terdapat manfaat yang di dapatkan untuk mengatasi asma. Sifat antispasmodik dalam biji kelor mampu membantu mengurangi tingkat keparahan serangan asma dan sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Mencegah Anemia – Dalam biji kelor, konon terdapat kandungan zat besi yang di sinyalir dapat membantu menjaga kadar zat besi dalam tubuh. Kondisi anemia dapat terlihat dari beberapa gejalanya seperti pucat, kelelahan, sakit kepala dan lain-lain.

Melindungi Kesehatan Hati dan Racun Arsenik – Manfaat biji kelor selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan hati hingga racun arsenik. Terdapat penelitian pada hewan percobaan, jika biji kelor mampu menghambat proses fibrosis hati. Selain itu, terdapat penelitian pula jika biji kelor dapat melindungi dari bahaya racun arsenik yang berasal dari rokok dan lainnya. Hanya saja, perlu dilakukan penelitian lanjutan mengenai hal ini.

0 Komentar