Potensi Wisata Sejarah Balong Biru & Gunung Cangak Cirebon

0 Komentar

Peninggalan leluhur Cirebon, tidak hanya Keraton dan di Gunung Jati, namun banyak tempat yang bersejarah para tokoh dahulu seperti di Balong Biru dan Gunung Cangak. Konon dari beberapa cerita sejarah.

Untuk menjunjung tinggi nilai keluhur, menelusuri jejak tokoh terdahulu, bisa dilakukan, agar para generasi muda mengenal sejarah. Salah satu yang bisa di kunjungi adalah situs Balong Biru, yang berada di daerah Kerandon, Talun Cirebon.

Pohon rindang dan air kolam yang berwarna hijau, menjadi pemandangan yang indah konon dahulunya menjadi tempat pemandian Nyi Endang Geulis, dan tokoh lainnya di jaman Mbah Kuwu Cirebon. Tidak jauh dari Balong Biru, terdapat lokasi bersejarah, sebagai tempat pertemuan Mbah Kuwu Cirebon dengan Sang Hyang Bango, yakni Gunung Cangak.

Baca Juga:HUT Satpam Ke-43 Tingkat Cirebon Kota6 Hal Yang Sudah Dilakukan Bawaslu Kota Cirebon Selama 2023

Akses yang melewati kebun dan sungai, berada di ketinggian, namun ada yang unik, karena sebelum puncak Gunung Cangak, terdapat titik yang mengeluarkan aroma blerang yang cukup wangi. Dan di puncak Gunung Cangak, masih terdapat pohon beringin dan bebatuan yang diyakini sudah ada sejak jaman Mbah Kuwu Cirebon.

Sementara di area sungai, terdapat batu besar yang diyakini menjadi tempat bermunajatnya Pangeran Walangsungsang kepada Sang Pencipta, untuk kemudian mendapat gelar Mbah Kuwu Cirebon

0 Komentar