Manfaat dan Kenikmatan Minum Teh Sereh Menguak Keajaiban Tanaman Herbal

sumber : food.detik.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Teh sereh, atau sering disebut juga dengan teh lemon grass, merupakan minuman herbal yang memiliki sejarah panjang dalam penggunaannya sebagai obat tradisional di berbagai budaya. Tanaman sereh memiliki aroma harum dan rasa segar yang khas, membuatnya populer sebagai bahan dasar teh dan ramuan obat. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai manfaat kesehatan dan kenikmatan minum teh sereh.

1. Penyembuh Alami

Sereh dikenal memiliki sifat antioksidan, antijamur, dan antiinflamasi. Kandungan utama seperti citronella dan citral memberikan efek antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi dan bakteri dalam tubuh. Minum teh sereh secara teratur dapat menjadi dukungan alami untuk sistem kekebalan tubuh.

2. Relaksasi dan Pengurangan Stres

Aroma segar dari teh sereh dapat memberikan efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Kandungan sedikit dari sitronella memberikan sifat relaksasi, membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati. Cobalah minum secangkir teh sereh setelah hari yang panjang untuk merasakan manfaat relaksasinya.

Baca Juga:Toyota Rush Dihentikan Produksi Di Malaysia, Simak Selanjutnya…Garuda Indonesia Siapkan Rp 775,89 M buat Bayar Utang, Begini Skemanya

3. Penyegar Napas

Sereh mengandung senyawa antibakteri yang dapat membantu membersihkan saluran pernapasan. Ini membuatnya menjadi minuman yang baik untuk membantu meredakan masalah pernapasan seperti pilek, batuk, atau masalah sinus. Teh sereh bisa menjadi alternatif yang menyegarkan dan alami untuk mengatasi gangguan pernapasan ringan.

4. Peningkatan Pencernaan

Minum teh sereh dapat memberikan efek positif pada sistem pencernaan. Kandungan serat dalam sereh dapat membantu meningkatkan gerakan usus dan mengurangi masalah pencernaan seperti gas dan kembung. Ini menjadikan teh sereh sebagai minuman yang baik untuk dicoba setelah makan berat.

5. Pengaturan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum teh sereh dapat membantu dalam pengaturan berat badan. Kandungan sitronella dapat mempercepat metabolisme tubuh, sehingga membantu pembakaran lemak. Meskipun bukan solusi ajaib untuk penurunan berat badan, teh sereh bisa menjadi tambahan sehat dalam gaya hidup aktif dan makan seimbang.

6. Minuman Nikmat untuk Semua Musim

Teh sereh bisa dinikmati baik dalam keadaan panas maupun dingin. Pada musim dingin, teh sereh panas memberikan sensasi hangat yang menyenangkan. Di musim panas, teh sereh dingin dengan es bisa menjadi minuman penyegar yang lezat. Fleksibilitas ini menjadikan teh sereh pilihan yang cocok sepanjang tahun.

0 Komentar