Dahsyat Manfaatnya! Ini Dia Manfaat Membaca Buku Yang Harus Kamu Ketahui

Dahsyat Manfaatnya! Ini Dia Manfaat Membaca Buku Yang Harus Kamu Ketahui
Sumber: shutterstock_296194835
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Siapapun yang suka membaca buku berbanggalah. Jika kamu tidak suka membaca, kamu wajib tahu beberapa manfaat membaca buku.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Menurut jurnal ilmiah terbitan US National Academy of Sciences, membaca buku dapat merangsang pikiran dan mencegah risiko penyakit Alzheimer dan demensia.Menurut Ken Pugh, PhD, Presiden Amerika Serikat dan Direktur Sains di Laboratorium Haskins, membaca buku memiliki manfaat mengaktifkan otak karena mendorong kita berpikir dan berkonsentrasi. Dengan demikian, ini meningkatkan fungsi otak.

2. Mengurangi Stres

Selama pandemi COVID-19, terdapat risiko nyata yang membuat kita merasa stres dan cemas. Tidak hanya ketika Anda memikirkan ketakutan akan penularan, namun dampak finansialnya cukup menakjubkan. Manfaat membaca buku lainnya adalah dapat mengurangi stres.Cara kerjanya saat kita membaca buku, mengalihkan perhatian Anda dan membuat Anda fokus pada momen saat ini. Dengan cara ini, pikiran menjadi lebih rileks dan kenangan-kenangan yang memusingkan pun terlupakan.

Baca Juga:Lelah & Jetleg? Yuk Istirahat Dulu – Ini Dia Rekomendasi Hotel Dekat Bandara Soekarno Hatta3 Pilihan Mobil Bekas Tahun Muda Yang Masih Bagus dan Gesit – Harganya Murah!!

3. Meningkatkan Perbendaharaan Kata

Semakin sering Anda membaca buku, semakin banyak kosakata yang Anda miliki. Oleh karena itu, membaca buku sangatlah penting ketika mempelajari bahasa Indonesia atau bahasa asing. Ini akan meningkatkan keterampilan menulis dan berbicara Anda.Pidato yang teratur dengan artikulasi yang jelas mendukung semua profesi dengan baik. Selain itu, pembicara dengan gaya bicara biasa saja tidak akan menganggap remeh Anda. Jadi manfaat membaca buku tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan berbicara saja, namun efek positifnya juga dapat meningkatkan karir Anda.

4. Meningkatkan Ingatan

Saat Anda membaca buku atau novel, otak mengingat tokoh dan latar belakang cerita. Ya, otak adalah hal yang luar biasa dan dapat mengingat banyak hal.Hebatnya, setiap memori baru menciptakan sinapsis baru di otak Anda. Dengan kata lain, tempat transmisi sinyal dari satu neuron ke neuron lainnya, yang bertugas menyimpan, membentuk, dan mengingat ingatan yang ada. Bukankah menakjubkan cara kerja otak kita?

5. Berpikir Kritis

Pernahkah Anda membaca novel tentang seorang detektif yang memecahkan misteri sebuah kasus? Jika belum, cobalah membaca novel Agatha Christie yang mampu merangsang otak Anda untuk berpikir kritis. Karena ketika kita membaca, kita terdorong oleh rasa ingin tahu yang besar dan ingin berhasil menebak alur ceritanya. Maka tanpa kita sadari, manfaat membaca buku bisa meningkatkan daya berpikir kritis kita.

Nah, itulah beberapa manfaat membaca buku yang harus kamu ketahui.

0 Komentar