Kawasan Wisata Mundupesisir Semakin Dilirik

0 Komentar

Tim peneliti dan dosen serta mahasiswa program studi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Padjadjaran, melakukan kunjungan ke wilayah Mundupesisir Kabupaten Cirebon, Selasa siang. Kedatangan tim dari Unpad itu, sebagai bentuk perwujudan tri dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sebagai upaya pengembangan potensi wisata mangrove di Mundupesisir.

Sebanyak 17 tim peneliti dan dosen serta mahasiswa program studi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Padjadjaran, mengunjungi Taman Muara Mundu, Desa Mundupesisir Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, Selasa pagi. Mereka melakukan penelitian sekaligus melihat sejauh mana potensi wisata khususnya mangrove yang ada di desa tersebut.

Kepala Departemen Ilmu Kelautan, Sunarto mengatakan, kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap semester, dengan berkunjung ke beberapa lokasi yang berpotensi untuk dikembangkan dari sisi ekosistem perikanan dan kelautan. 

Baca Juga:Rutin Gelar Pusling Dan PosbinduPTSL-PM Targetkan Selesai Bulan Januari

Khusus di wilayah Mundupesisir, Departemen Ilmu Kelautan Unpad berusaha melihat sejauh mana ekosistem mangrove yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata. Tentu saja, dengan tingginya sedimentasi di perairan utara, sangat mendukung keberadaan mangrove untuk tumbuh dan berpotensi dikembangkan sebagai lokasi wisata mangrove.

Sementara, Universitas Padjadjaran pun tidak melepas begitu saja program yang digulirkan, melainkan akan terus memantau perkembangan potensi wisata Mundupesisir khususnya mangrove. Selain itu, mereka pun melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar bagaimana potensi itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat

0 Komentar