Lebih Aman dan Alami, 5 Bahan Pengganti MSG Alami yang Bisa Kamu Temukan di Dapur : Yuk, Bisa Segera Ganti

(Foto: SehatQ)
(Foto: SehatQ)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Mungkin hampir semua jenis makanan mengandung msg atau vetsin. Kehadiran msg pada setiap makanan memang menambah cita rasa di makanan. Walaupun penggunaan msg pada makanan ini tergolong aman, namun ada sebagian orang yanv mencoba mengganti dengan msg alami.

Monosodium glutamat (MSG) merupakan senyawa yang bisa memberikan rasa umami (gurih) pada makanan. Di karenakan MSG berasal dari asam amino glutamat yang di ubah menjadi garam natrium. MSG sebenarnya masih tergolong penyedap rasa alami. Apabila kamu mengonsumsi msg dalam jumlah yang wajar, tentunya tidak akan menggangu kesehatan tubuh. Berikut ini ada bahan-bahan alternatif pengganti msg.

Pengganti MSG dengan Bahan Alami

1. Bawang Putih

Penggunaan bawang putih pada makanan ini bisa memberikan cita rasa yang gurih secara alami. Baik itu dalam bentuk utuh maupun bubuk, penyedap alami ini akan membuat nasi goreng, sup, hingga sayur bening yang kamu buat menjadi lebih lezat. Selain itu, bawang putih juga bermanfaat bagi pengidap hipertensi.

Baca Juga:Pikiran Stress dan Gelisah? Berikut 5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Bagi Anak Gen Z yang Mudah NgeluhJangan Jajan Sembarangan! Ini Dia Beberapa Penyebab Terjadinya Usus Buntu yang Bisa Membahayakan Tubuh

2. Kayu Manis

Bahan alami yang lainnya ada kayu manis, mampu memberikan rasa khas yang cocok untuk hidangan manis maupun gurih. Kamu bisa menggunakan penyedap alami ini untuk membuat kari, semur, kue lapis legit, hingga hidangan penutup seperti keik dan cinnamon roll. Manfaat yang bisa kamu rasakan dari kayu manis ini bisa mengontrol gula darah. Serta memperlambat pemecahan karbohidrat dan membantu insulin dalam menstabilkan gula darah.

3. Rosemary

Bahan pengganti msg secara alami ini ada Rosemary yang merupakan tanaman rempah berasal dari daratan Mediterania. Rempah ini mampu memberikan rasa khas yang kuat serta menyegarkan sehingga cocok di gunakan baik dalam masakan yang di panggang, contohnya steik. Penyedap rasa alami ini pun mengandung antioksidan dan zat antiradang yang membantu melancarkan aliran darah. Cocok bagi para penderita penyakit stroke.

4. Kunyit

Pilihan selanjutnya ada kunyit yang bisa memberikan warna kuning alami pada makanan. Walaupun rasa kunyit murni cenderung pahit, menambahkan kunyit ke dalam masakan yang kamu buat justru akan memperkuat cita rasanya. Kunyit ini memang kaya akan zat antioksidan dan antiradang. Sifat antiradang ini berpotensi menyehatkan jantung, mencegah penyakit Alzheimer, dan bahkan mengurangi gejala radang sendi.

5. Garam dan Gula

Menggunakan garam dan gula di dalam masakan kamu akan menghasilkan cita rasa gurih alami. Gula berfungsi untuk menyeimbangkan rasa asin dan asam dalam masakan, sementara garam yang bisa memperkuat cita rasanya. Namun, jika mengonsumai gula dan garam secara berlebihan bisa meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, dan penyakit kronis lainnya.

***

0 Komentar