Wow! Mulai dari Buah Pepaya Hingga Batangnya, Bisa Jadi Olahan Mustofa Sampai Jadi Santapan dengan Rasa yang Manis

Olahan dari Pepaya (Tangkap Layar/ Radar Jabar)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Tanaman pepaya memiliki beragam manfaat yang bisa di gunakan untuk menjadi berbagai olahan mulai dari buahnya, bunga dan bagian lainnya. Maka, jika kamu mempunyai tanaman ini di rumah, manfaatkan beberapa bagiannya untuk menjadi santapan nikmat.

Bagian buahnya bisa di makan langsung, namun juga bisa di olah menjadi sebuah santapan. Biasanya, bagian buahnya akan di manfaatkan menjadi sebuah makanan, bahkan tak jarang di olah menjadi sebuah minuman yang menyegarkan.

Sementara di bagian daun hingga bunganya, bisa di manfaatkan juga untuk menjadi sebuah olahan berupa menu makan atau lauk pendamping nasi. Untuk itu, simak informasi lebih lengkapnya berikut ini agar menjadi inspirasi dalam mengolah tanaman pepaya.

Baca Juga:Jangan Lewatkan Beragam Manfaat dari Pepaya, Segera Konsumsi Pepaya untuk Mendapatkan Hal yang Baik Bagi KesehatanJangan Keburu Dibuang! Biji Pepaya Punya Banyak Manfaat Loh, Simak Apa Saja Manfaatnya

Olahan dari Pepaya

Buah tropis ini mudah tumbuh di wilayah Indonesia sehingga mudah untuk di temui. Bagian dagingnya memiliki memiliki rasa manis yang khas dan cenderung berair. Apalagi jika di nikmati saat dingin, maka akan menambah cita rasa nikmat dari buah ini.

Pada bagian buahnya, bisa di olah menjadi puding, cake, smoothie, jus, es krim, hingga selai. untuk membuatnya, bisa memanfaatkan pepaya yang sudah matang agar rasanya lebih manis. Selain itu, bisa juga di olah menjadi asinan dengan menggunakan pepaya setengah matang.

Bisa juga di olah menjadi manisan hingga mustofa dengan mengguanakan pepaya muda. Jika biasanya mustofa di buat dari kentang, maka kamu bisa berinovasi menggunakan pepaya mudah untuk membuat olahan ini.

Kemudian bagian dari bunga pepaya, dapat dimanfaatkan menjadi olahan nikmat berupa tumis bunga pepaya. Jangan lupa untuk tambahkan bahan lainnya seperti ikan tongkol, cumi asin, atau ikan teri. Namun, jangan lupa untuk menghilangkan pahitnya agar lebih nikmat untuk di santap.

Lalu bagian daunnya, bisa di olah menjadi urap, tumis daun pepaya dan lain-lain. Selain yang telah disebutkan, bagian batang hingga akarnya pun bisa di olah juga menjadi sebuah santapan. Ada yang mengolahnya menjadi dodol, keripik hingga di olah menjadi obat-obatan.

Begitupun juga dengan bagian bijinya, ada yang mengolahnya menjadi bentuk minuman teh hingga kopi berdasarkan info yang di dapatkan. Pasalnya, dalam biji pepaya, terdapat beragam manfaat, yang salah satunya yaitu terdapat kandungan antioksidan menurut laman Healthline.

0 Komentar