Jenis Jamu di Indonesia : Minuman Tradisional Herbal yang Telah Digunakan Turun Temurun

Jenis Jamu (Disway Jogja)
0 Komentar

RADARCIREBON.TVJamu merupakan kekayaan budaya Indonesia yang telah di wariskan secara turun temurun. Hingga kini, minuman herbal tradisional ini masih di konsumsi. Ada banyak jenis jamu yang telah berkembang dalam tradisi pengobatan herbal di Indonesia.

Setiap jamu memiliki ciri khasnya tersendiri, tergantung pada bahan yang di gunakan. Pasalnya, setiap bahan akan berbeda karena memiliki kombinasi bahan yang berbeda. Dengan demikian, rasa yang di hasilkan dan khasiatnya pun tentu berbeda.

Biasanya minuman ini di jual oleh tukang jamu gedongan yang di bawa dengan menggunakan bakul atau keranjang dan di jajakan dengan cara berkeliling. Namun semakin berkembangnya zaman, minuman ini sudah mulai di jajakan dengan cara menggunakan sepeda, motor, ataupun kedai.

Baca Juga:Apakah Kunyit Bagus untuk Asam Lambung? Simak PenjelasannyaNaik! Harga Emas Antam 20 Januari 2024 Kini Senilai 1,128 Juta Per Gram

Jenis Jamu

Ada beragam macam bahan yang biasa di gunakan untuk membuat minuman tradisional ini. Berikut macam-macamnya beserta khasiatnya.

Kunyit Asam – Terbuat dari kunyit dan asam yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Untuk kaum hawa, kunyit asam konon berguna untuk melancarkan haid.

Beras Kencur – Terdiri dari beras kencur, jahe, dan beberapa bahan lainnya yang berguna untuk meredakan masalah pencernaan, seperti perut kembung dan mual hingga menghilangkan pegal linu.

Temulawak – Tanaman obat yang memiliki sifat antiinflamasi hingga konon berguna untuk menjaga kesehatan hati dan pencernaan.

Sinom – Terbuat dari bahan berupa daun asam, temulawak dan bahan lainnya yang berguna untuk mengatasi peradangan lambung, keputihan dan masalah lainnya.

Galian Singset – Jenis jamu ini berguna untuk membuat tubuh menjadi langsing singset yang terbuat dari bahan seperti kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, dan masih banyak lagi.

Cabe Puyang – Berguna untuk membantu melancarkan sirkulasi darah, dan membantu memelihara kesehatan tubuh. Dengan bahan-bahannya seperti esktrak cabe jawa, rimpang dan bahan-bahan lainnya.

Baca Juga:Metode Praktis untuk Memasak dan Stok di Rumah : Cara Membuat Kunyit Bubuk dengan Langkah yang MudahSelain Kunyit, Ada Beberapa Bahan Lainnya yang Bisa Dimanfaatkan Menjadi Pewarna Alami, Berikut Contohnya

Brotowali – Kandungan nutrisi dan senyawa fitokimia di dalamnya, berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan tulang.

Demikian, itulah beberapa macam jamu.

0 Komentar