Lagi Kepengen Wisata Kuliner di Cirebon? Ini, 7 Makanan Khas dari Cirebon yang Wajib Dicoba

Makanan Khas dari Cirebon (dok.YouTube.com Sajian Bunda/ Pasundan Ekspres)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Saat berkunjung ke suatu daerah, maka jangan sampai melewatkan kuliner khasnya. Begitupun ketika berkunjung ke Cirebon, maka jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas dari Cirebon dengan cita rasanya yang beragam.

Cirebon yang merupakan salah satu kota di Jawa Barat ini, menyediakan berbagai menu makanan yang telah ada sejak lama. Beragam kuliner yang tersedia di Cirebon, bukan hanya sekedar makanan berat saja, namun juga ada dalam bentuk camilan.

Bagi masyarakat Cirebon, tentunya deretan kuliner tersebut bukanlah hal yang baru lagi. Namun jika kamu merupakan seorang wisatawan, maka tak ada salahnya untuk mencicipi, terutama ketika sedang singgah di Cirebon. Berikut daftarnya.

Baca Juga:Jangan Lewatkan untuk Mencicipi Sederetan Makanan Khas dari Indonesia dengan Cita Rasa yang Lezat Saat Sedang Berlibur! Simak Daftar Makanan yang Wajib Kamu Coba8 Pilihan Makanan Tinggi Protein untuk Mendapatkan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Daftarnya Disini

Makanan Khas dari Cirebon

1. Nasi Jamblang

Nasi jamblang merupakan sebuah makanan yang terdiri dari nasi yang di bungkus dengan daun jati ini dan di sajikan dengan beragam lauk pauk. Di Cirebon, nasi jamblang bisa mudah di temui di beberapa titik. Ada Nasi Jamblang Mang Dul yang berlokasi di Jalan Cipto, Nasi Jamblang Bu Nur, dan masih banyak lagi.

2. Nasi Lengko

Berbahan dasar nasi yang berpadu dengan tempe, tahu, timun, tauge, yang di balur dengan saus kacang, kecap, dan bawang goreng ini; menjadi sebuah santapan makanan berat lainnya yang wajib di coba. Jangan lupa untuk menambahkan kerupuk agar rasanya lebih nikmat.

3. Empal Gentong

Hidangan yang di buat dari daging sapi ini, di masak dengan menggunakan aneka bumbu-bumbu. Mirip seperti soto, namun cita rasa dan penyajiannya unik karena menggunakan gentong sehingga dinamakan sebagai empal gentong.

Namun selain daging, berbagai jeroan juga menjadi isian dari empal gentong. Makanan khas dari Cirebon ini, memiliki dua jenis kuah. Ada empal gentong kuah asam yang memiliki cita rasa yang segar dan empal gentong dengan menggunakan kuah santan.

Empal akan terasa nikmat jika di santap dengan tambahan nasi, ketupat, atau lontong. Selain itu, ada juga irisan daun kucai dan bawang goreng agar cita rasanya semakin nikmat. Agar terasa pedas, bisa juga tambahkan cabai bubuk kedalamnya.

4. Docang

Makanan legendaris lainnya yaitu docang. Docang merupakan makanan yang berisi campuran lntong, tauge, daun singkong, kuah dage (oncom) dengan parutan kelapa. Gunakan juga kerupuk dan sambal agar rasanya semakin nikmat.

5. Mie Koclok

Hidangan dengan bahan dasar mie yang di siram dengan kuah kental serta suwiran ayam, telur, dan irisan daun bawang ini; menjadi hidangan lainnya yang patut di coba saat berkunjung ke Cirebon. Rasanya lezat dan cocok di santap ketika masih hangat.

Baca Juga:Mau Punya Tambahan Uang dari Rumah? Intip Referensi Ide Jualan Makanan Berikut yang Bisa Jadi Peluang Cuan10 Ide Makanan Ringan yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah untuk Disantap Bersama Keluarga, Gak Perlu Jajan Lagi Deh!

6. Tahu Gejrot

Makanan khas dari Cirebon yang tak boleh di lewatkan lainnya yaitu tahu gejrot. Dibuat dengan menggunakan tahu cokelat dengan siraman kuah cuka gula merah yang di tambah dengan bawang merah yang telah dihaluskan di atas ulekan kecil yang juga sebagai ‘piring’ penyajian. Namun jika ingin pedas, bisa tambahkan cabai rawit.

7. Aneka Rujak

Jika tak ingin makan berat, maka bisa coba opsi makanan yang ringan dan segar seperti aneka rujak. Di Cirebon, ada asinan rujak donggala yang terdiri dari campuran manisan buah dan asinan sayuran. Isiannya diantaranya yaitu pepaya muda, mangga muda, bengkuang, sawi asin, tauge, dan mentimun.

Namun ada juga rujak dengan isian sayur seperti kangkung rebus, timun rebus yang di siram dengan menggunakan sambal asam. Biasanya akan dipadukan dengan soun, kerupuk melarat atau gorengan agar rasanya lebih nikmat.

0 Komentar