Manfaat dan Kegunaan Bawang Merah yang Perlu Anda Ketahui

Bawang Merah/ ilustrasi: freepik
0 Komentar

RADARCIREBON.TVBawang merah adalah salah satu bumbu masak yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bawang merah memiliki nama ilmiah Allium cepa var ascalonicum (L) dan berwarna merah gelap. Selain sebagai penyedap rasa, bawang merah juga memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kegunaan bawang merah yang perlu Anda ketahui.

1. Memiliki potensi mencegah kanker.

Bawang merah mengandung zat antioksidan yang disebut quercetin. Quercetin dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang merupakan salah satu faktor risiko kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa quercetin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada paru-paru, prostat, ovarium, usus, dan endometrium.

2. Menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti jantung koroner, stroke, gagal ginjal, dan diabetes. Quercetin dalam bawang merah juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan mengendurkan pembuluh darah dan menghambat enzim yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Baca Juga:Resep dan Cara Membuat Roti Buaya Empuk Anti GagalHubungan Heru Dan Ketum PAN Zulhas Tetap Harmonis, Meski Beda Dukungan Capres

3. Membantu menormalkan kadar gula darah.

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan diabetes melitus, yang merupakan sumber dari berbagai penyakit degeneratif. Bawang merah dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan kadar insulin dan mempercepat proses glikolisis, yaitu pemecahan gula menjadi energi .

4. Mengatasi peradangan.

Peradangan adalah reaksi tubuh terhadap infeksi, cedera, atau zat asing. Peradangan yang berlangsung lama dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti artritis, asma, dan alergi. Bawang merah memiliki sifat anti-inflamasi, yaitu dapat mengurangi produksi zat-zat yang menyebabkan peradangan, seperti prostaglandin dan leukotrienleukotrien.

5. Mendukung kesehatan saraf dan otot.

Bawang merah kaya akan kalium, yang merupakan mineral penting untuk fungsi saraf dan otot. Kalium dapat membantu mengatur impuls saraf, kontraksi otot, denyut jantung, dan tekanan darah. Kalium juga dapat membantu menghindari kejang otot dan lemas .

6. Memiliki potensi meningkatkan sistem imun.

Sistem imun adalah pertahanan tubuh terhadap penyakit. Bawang merah dapat membantu meningkatkan sistem imun dengan meningkatkan aktivitas sel-sel pembunuh alami, yang dapat menghancurkan sel-sel yang terinfeksi virus atau bakteri. Bawang merah juga dapat membantu meningkatkan produksi antibodi, yang dapat mengenali dan menetralisir zat asing .

7. Menyehatkan tulang.

Bawang merah mengandung kalsium, fosfor, tembaga, dan zat besi, yang merupakan mineral-mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Mineral-mineral ini dapat membantu menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, serta merangsang pertumbuhan sel tulang baru. Bawang merah juga dapat membantu mencegah osteoporosis, yaitu kondisi yang ditandai dengan tulang yang rapuh dan mudah patah.

8. Bermanfaat untuk kulit.

Bawang merah dapat membantu merawat kulit dengan berbagai cara. Pertama, bawang merah dapat membantu menghilangkan jerawat, bekas luka, dan noda hitam dengan cara mengoleskan air perasan bawang merah pada area yang bermasalah.

Kedua, bawang merah dapat membantu mencerahkan kulit dengan cara menggosokkan irisan bawang merah pada wajah. Ketiga, bawang merah dapat membantu mengencangkan kulit dengan cara membuat masker dari bawang merah, madu, dan oatmeal .

9. Menyuburkan rambut.

Baca Juga:Ramalan Zodiak Scorpio: Sabtu 10 Februari 2024, Saat Ini Peluang Akan Muncul untuk AndaRamalan Zodiak Libra: Sabtu 10 Februari 2024, Peristiwa Tak Terduga Berpeluang Besar Akan Terjadi

Bawang merah dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan cara meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan memberi nutrisi pada folikel rambut. Juga dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok, ketombe, dan uban dengan cara mengoleskan air perasan bawang merah pada rambut dan kulit kepala. Bawang merah juga dapat membantu menghitamkan rambut dengan cara mencampurkannya dengan minyak kelapa dan lemon .

Demikianlah beberapa manfaat dan kegunaan bawang merah bagi kesehatan tubuh. Bawang merah dapat di konsumsi secara mentah atau dimasak, tetapi lebih baik jika di konsumsi secara mentah karena kandungan nutrisinya lebih utuh. Namun, perlu di ingat bahwa bawang merah juga dapat menimbulkan efek samping bagi beberapa orang, seperti iritasi kulit, alergi, maag, dan bau mulut. Oleh karena itu, konsumsilah bawang merah dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Selamat mencoba!

0 Komentar