Penting untuk Diketahui! Begini Cara Merawat Tanaman Hias yang Benar

Tanaman hias
Cara Merawat Tanaman Hias (Istimewa)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Tanaman hias merupakan salah satu media yang dipercaya dapat menghilangkan stres. Tidak hanya itu, tanaman hias juga dapat mempercantik dan membuat nuansa asri begitu terasa. Namun, bagi yang memiliki tanaman hias, maka perlu mengetahui cara merawat dengan benar.

Dalam merawat tanaman hias tidaklah terlalu sulit. Hanya saja, membutuhkan waktu luang dan sedikit tenaga. Maka, biasanya saat bertanam, dilakukan ketika waktu sedang luang. Selain itu, bertanam juga perlu dilakukan secara konsisten dan tidak sembarangan.

Jika tak memperhatikan cara merawat tanaman hias dengan benar, maka tanaman akan lebih cepat layu. Apalagi jika tak rajin menyiramnya dan memberinya pupuk. Masalah lain yang dapat timbul yakni tanaman akan ditumbuhi dengan rumput liar atau gulma yang bersifat merugikan bagi tanaman itu sendiri.

Baca Juga:Tak Ada Lahan Tapi Ingin Punya Tanaman? Tanaman Hias Gantung Bisa Jadi Pilihan, Inilah Macam-macamnyaInilah Jenis Tanaman Hias untuk Teras Rumah, Bukan Hanya Mempercantik Namun Bisa Bikin Lebih Asri

Cara Merawat Tanaman Hias

Agar tanaman hias bisa tumbuh subur dan tidak mudah layu, maka perhatikan beberapa cara berikut sebagai langkah untuk merawatnya. Simak beberapa langkah berikut agar bisa dipraktekan.

1. Gunakan Media yang Pas

Ketika ingin bertanam, maka gunakan media tanam yang pas untuk menanamnya. Caranya yakni dengan eksplorasi lebih banyak mengenai jenis tanaman yang ingin ditanam. Pastikan juga jika tanah yang digunakan mempunyai kualitas yang baik dan beri nutrisi berupa pupuk agar bisa tumbuh dengan subur.

2. Jangan Lupa Menyiramnya

Hal kedua yang harus dilakukan yakni jangan lupa menyiramnya. Namun jangan terlalu sering ataupun terlalu banyak sehingga perhatikan intensitas air yang diberikan pada tanaman tersebut. Usahakan untuk menyiram secara teratur, minimal seminggu sekali atau bisa ditambah tergantung dengan jenis tanamannya.

Maka perhatikan poin kedua, jangan sampai terlalu banyak atau terlalu kurang dalam memberinya air. Jika tanaman terlalu banyak diberi air, maka air dapat tergenang dalam pot dan akan menyebabkan tanaman busuk. Begitupun jika kekurangan air, maka tanaman juga akan mudah layu.

3. Beri Sinar Matahari yang Cukup

Berikan sinar matahari yang cukup pada tanaman, terutama jika di simpan dalam ruangan. Pasalnya, matahari mempunyai peran yang sama seperti air, sama-sama dibutuhkan bagi tanaman terutama saat proses fotosintesis.

4. Cek Kelembaban

Jika tanaman ditaruh di dalam ruangan, jangan lupa untuk mengecek kelembaban udara di dalam ruangan. Terutama jika menggunakan AC. Jika kelembaban udara berkurang, maka akan membuat tanaman menjadi layu. Maka pastikan jika area tanaman dalam kondisi lembab yang bisa dikondisikan sesuai dengan jenis tanamannya.

5. Ganti Pot Berkala

Tanaman yang tumbuh semakin besar, tentunya akan membutuhkan pot dalam ukuran besar pula. Untuk itu, pindahkan tanaman pada pot lain yang berukuran besar agar akar tanaman bisa memiliki ruang untuk tumbuh.

Baca Juga:Bikin Seger dan Indah! Inilah Jenis-jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar MandiWow! Ternyata Ini Manfaat Mempunyai Tanaman Hias di Dalam Rumah, Bisa Mengurangi Stres Loh!

6. Bersihkan Tanaman

Jangan lupa untuk membersihkannya terutama jika ada debu ataupun ada gulma atau rumput liar yang tumbuh disekitarnya. Kemudian, pangkas juga daun yang terlihat rimbun, rusak, dan busuk.

0 Komentar