Festival Durian 2024 di Kuningan

Festival Durian 2024 di Kuningan
0 Komentar

Kabupaten Kuningan menggelar event unik berskala nasional, yaitu memakan durian sepuasnya, dalam ajang Festival Durian 2024. Festival ini merupakan agenda pertama kali dan diikuti oleh sekitar 600 peserta dari berbagai daerah. Peserta mendaftar secara online sebelumnya dengan memilih dari 4 paket yang ditawarkan, termasuk paket wisata homestay, camping, dan wisata offroad. Tiket yang ditawarkan berkisar mulai dari 185.000 hingga 354.000 untuk paket offroad yang mencakup menjelajah alam di track offroad Desa Wisata Cibuntu.

Penyelenggara dari Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan telah menyiapkan 6000 durian matang dari pohon hasil perkebunan petani lokal. Festival ini dibuka secara resmi oleh Pelaksana Jabatan Bupati Kuningan, Raden Iip Hidayat, pada Sabtu, 24 Februari.

Setelah seremonial pembukaan, para peserta yang memakai gelang khusus Festival Durian langsung mengantri untuk menikmati manisnya durian lokal. Dinas Pariwisata menyediakan 2 stand pengambilan durian dengan petugas pengupas yang terlatih. Ratusan peserta benar-benar merasakan makan durian sepuasnya dengan syarat dimakan di lokasi festival.

Baca Juga:Rumah Warga Rusak Tertimpa PohonPohon Randu Ambruk Timpa Rumah Warga

Di luar area festival, terdapat banyak stand penjualan durian, stand kuliner berbahan durian, produk UMKM, dan kuliner berbahan buah-buahan lainnya. Pengunjung dan peserta dapat membeli berbagai produk di lokasi ini.

Pelaksana Jabatan Bupati mengungkapkan bahwa penyelenggaraan festival telah dipersiapkan 2 bulan sebelumnya, dengan harapan seluruh pengunjung dan penyelenggara bahagia menikmati event dan berwisata di Desa Wisata Juara ASEAN ini.

Digelarnya Festival Durian juga meramaikan Terminal Wisata di Desa Paniis, karena sebelum acara dimulai, seluruh peserta dari luar kota dijemput di terminal ini. Penyelenggara menyediakan kendaraan penjemput, selama perjalanan sekitar 2 kilometer, para peserta menyaksikan langsung suasana alam di sepanjang perjalanan.

Dengan slogan pariwisata “Kuningan Beu’”, Festival Durian dikukuhkan menjadi agenda tahunan, melengkapi 24 event nasional maupun internasional yang akan diselenggarakan sepanjang 2024, antara lain balap sepeda Tour de Linggarjati, wisata budaya Seren Taun, event seni dan budaya Hari Jadi Kuningan, Festival Ciremai, dan masih banyak lagi.

0 Komentar